Timnas Indonesia U-19 Lumat Brunei 5-0

Timnas Indonesia U-19 sukses melumat Brunei Darussalam dengan skor 5-0 pada laga pertama kualifikasi Piala Asia U-19 Grup F di Stadion Paju, Korea Selatan, Selasa 31 Oktober 2017. Timnas Indonesia sempat unggul 2-0 pada babak pertama sebelum menambah 3 gol pada babak kedua.

Skuad Garuda Muda menekan pertahanan Brunei sejak awal pertandingan di mulai. Cuaca dingin tampak tak mempengaruhi permainan Timnas Indonesia U-19. Egy Maulana Vikri cs mampu menunjukan kecepatan, kemampuan olah bola, serta kerja sama tim yang sangat apik.

Keran gol Timnas Indonesia U-19 dibuka oleh Rafli pada menit ke-12. Menerima umpan silang Firza Andhika dari sisi kanan pertahanan Brunei, Rafli memanfaatkan keunggulan tinggi tubuhnya untuk menyundul bola menembus gawang Brunei.

Setelah gol pertama itu, Timnas Indonesia terus mengepung pertahanan Brunei. Sejumlah peluang didapatkan oleh Rafli, Egy, M Iqbal atau pun Witan Sulaiman. Namun penyelesaian yang kurang sempurna atau pun penyelamatan yang dilakukan oleh penjaga gawang Brunei membuat gol tak tercipta.

Menjelang babak pertama usai, tepatnya pada menit ke-43, Indonesia mendapatkan tendangan pojok. Bola tendangan Iqbal berhasil ditanduk oleh Asnawi Mangkualam dan membuat bola mengarah ke pemain Brunei. Entah karena panik atau hal lainnya, pemain belakang Brunei tersebut justru menanduk bola masuk ke gawang sendiri. Skor 2-0 menutup babak pertama.

Pada awal babak kedua, Indra Sjafri melakukan pergantian 2 pemain di lini tengah. Syahrian Abimanyu masuk menggantikan Asnawi sementara Saddil Ramdhani menggantikan Witan Sulaiman.

Suntikan tenaga segar itu kembali membuat Timnas Indonesia U-19 tampil dominan. Enam menit babak kedua berjalan, Indonesia menambah keunggulan lewat tendangan cungkil M Iqbal yang mengecoh lini belakang dan penjaga gawang Brunei.

Lima menit berselang Timnas Indonesia U-19 berhasil memperlebar jarak menjadi 4-0. Kali ini Egy berhasil melepaskan tendangan keras yang menembus gawang meskipun dikepung 3 pemain lawan.

Saddil yang baru masuk tak mau absen menyumbangkan gol. Tendangan keras kaki kiri dari luar kotak pinalti pemain Persela Lamongan itu tak mampu dijangkau penjaga gawang Brunei pada menit ke-61.

Egy sebenarnya mampu menambah keunggulan Timnas Indonesia U-19 pada masa tambahan waktu. Sayangnya, dia telah terperangkap offside saat menerima umpan terobosan dari M Lutfhi.

Brunei praktis tak memiliki satu pun peluang pada laga ini. Mereka memilih menumpuk pemain di lini belakang dan hanya menaruh satu pemain untuk melakukan serangan balik.

Dengan kemenangan ini Timnas Indonesia U-19 memimpin klasemen Grup F dengan perolehan 3 angka, unggul produktivitas gol dari Malaysia yang pada laga pertama menang 3-1 atas Timor Leste. TuanRumah Korea Selatan sendiri belum bermain.