Tantangan Besar Chelsea untuk Pertahankan Gelar Juara

London Cesar Azpilicueta tak sabar menantikan bergulirnya Premier League 201718. Azpilicueta paham benar Chelsea dihadapkan tugas berat untuk mempertahankan gelarnya.

The Blues menjuarai musim lalu secara meyakinkan setelah meraup total 93 poin, unggul tujuh poin dari rival terdekatnya Tottenham Hotspur. Titel ini merupakan yang kedua bagi Azpilicueta dkk. dalam tiga musim terakhir.

Meski demikian, menjadi juara bertahan bukan berarti Chelsea akan menjalani musim depan dengan mulus. Tentu belum lupa bagaimana Si Biru terseokseok di musim 201516, usai tampil sebagai juara sebelumnya.

Plus, para rival tidak akan membiarkan Chelsea terusterusan mendominasi. Spurs, Manchester City, Manchester United, Arsenal, dan Liverpool tengah berupaya memperkuat skuatnya di bursa musim panas ini.

“Kami menantikan Premier League dimulai,” ungkap Azpilicueta kepada situs resmi klub. “Sudah jelas, kompetisi itu merupakan sebuah tantangan besar untuk kami, kami tahu bagaimana sulitnya memenanginya meski kami memenanginya dua kali dalam tiga tahun terakhir. Tapi kami siap untuk bertempur.”

“Sekarang setiap tim akan semakin termotivasi melawan kami dan kami harus mempersiapkan diri dengan baik untuk meladeni pertarungan itu,” lanjut pemain internasional Spanyol ini.

“Ini adalah sebuah liga di mana Anda bertarung melawan enam atau tujuh timtim besar. Akan sangat sulit untuk memprediksi juaranya sebelum musim dimulai. Rivalrival terberatnya adalah tim yang Anda lawan berikutnya dan setiap tim sulit dilawan. Jadi kami harus tampil bagus di setiap pertandingan.”

Chelsea akan melakoni pramusim dengan melawan Arsenal, Bayern Munich, dan Inter Milan. Musim kompetitif tim London Barat itu dimulai saat menghadapi the Gunners di Community Shield, 6 Agustus sebelum membuka Premier League melawan Burnley di Stanford Bridge, sepekan kemudian.