Taklukkan Juventus 3-2, Lazio Juara Piala Super Italia 2017

Laga seru terjadi pada laga perebutan Piala Super Italia antara Juventus melawan Lazio. Pada pertandingan tersebut Lazio berhasil mengalahkan tim asuhan Massimiliano Allegri dengan skor 3-2 di Stadion Olimpico, Senin (14/8/2017).

Juventus sejatinya menurunkan skuad terbaiknya pada musim lalu. Secara keseluruhan mereka mampu menguasai jalannya pertandingan, sayangnya Biancoceleste mampu bermain efektif lewat serangan balik mematikan.

Ciro Immobile berhasil mencetak dua gol (32’ dan 54’). Juve tak ingin kalah, Paulo Dybala mencoba membangkitkan semangat rekannya lewat brace di menit 85 dan 90. Namun, Lazio mampu bangkit setelah Si Nyonya Tua mencoba menyamakan kedudukan, adalah Alessandro Murgia menjadi pahlawan timnya di menit 92.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Memasuki babak pertama, Juventus berinisiatif mengambil serangan. Peluang pertama datang, Alex Sandro menusuk ke sisi kiri area penalti Lazio sebelum melepas umpan tarik ke mulut gawang. Cuadrado meneruskan bola melalui sepakan kencang, namun usaha pemain berpaspor Kolombia tersebut masih bisa dimentahkan Strakosha.

Lazio tidak tinggal diam, mereka melakukan serangan balik. Namun usaha tim asuhan Simone Inzaghi tak mengancam gawang Juve, pergerakan Immobile di sisi kanan lapangan dihentikan oleh Benatia.

Penyerang Juve, Mandzukic merancang serangan dari sayap kiri. Bomber asal Kroasia itu melepaskan crossing ke tiang jauh, tapi bola masih bisa diamankan oleh Strakosha. Kiper Lazio tersebut tampil baik.

Pada menit ke-25, Immobile berlari ke sisi kanan area penalti untuk mengejar umpan rekan setimnya. Sang bomber tak sempat melepaskan tembakan karena Chiellini menutup pergerakannya.

Memasuki menit 31, Lazio dihadiahi tendangan penalti oleh wasit setelah Immobile dijatuhkan oleh Buffon di dalam area terlarang! Immobile selaku eksekutor berhasil mencetak angka, 1-0 untuk keunggulan Biancoceleste.

Tertinggal 1-0 Si Nyonya Tua mencoba kembali membangun serangan. Namun, rapatnya barisan pertahanan Lazio, tak membuat Juve mampu mencetak angka hingga peluit babak pertama dibunyikan.

 

Babak Kedua

Juventus belum tancap gas di awal paruh kedua ini. Tempo permainan yang mereka tunjukkan masih lambat. Si Nyonya Tua tidak terlihat agresif sejauh ini. Lazio pun belum menerima tekanan berarti.

Penyerang Lazio, Ciro Immobile, kembali menjebol gawang Gianluigi Buffon di menit 54. Ia memanfaatkan crossing dari Marco Parolo, bola tandukkan Immobile tak mampu dijangkau Buffon. 2-0 untuk keunggulan Lazio.

Pada menit 54, Juventus memasukkan Douglas Costa. Ia menggantikan peran Juan Cuadrado di sisi kanan sayap Juve. Costa memberikan kontribusinya untuk Juventus. Winger pinjaman Bayern Munich itu melepas crossing ke area penalti Lazio, bola berhasil ditanduk oleh Mandzukic namun usaha sang penyerang tak mengarah ke gawang.

Memasuki waktu krusial Juventus terus berupaya menggempur area pertahanan Lazio yang begitu ketat. Untung, Dybala mampu memanfaatkan peluang dari tendangan bebas yang didapatkannya. Pemain berpaspor Argentina itu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1.

Menit ke 90, tekel Marusic terhadap Alex Sandro membuahkan tendangan penalti untuk Juventus! Pasukan Allegri berhasil menyamakan kedudukan lewat sepakkan Dybala selaku algojo. Skor 2-2.

Lazio berupaya tampil menyerang, Jordan Lukaku selaku pemain sayap berhasil mengecoh daerah sisi kanan pertahanan Juve. Ia melepaskan crossing ke arah Alessandro Murgia yang tinggal berhadapan dengan Buffon. Murgia berhasil membawa Lazio menag dengan skor 3-2.

Kekalahan dari Lazio menjadikan kegagalan kedua Juve meraih trofi Piala Super Italia. Itu pun sejak era kepelatihan Massimilano Allegri.

Susunan Pemain:

Juventus: Buffon, Alex Sandro, Chiellini, Benatia (De Sciglio 56’), Barzagli, Pjanic, Khedira, Mandzukic (Bernardeschi 72’), Dybala, Cuadrado (Costa 56’), Higuain.

Lazio: Strakosha, Radu, de Vrij, Wallace, Lulic (Lukaku 74’), Luis Alberto, Lucas Leiva (Murgia 80’), Parolo, Basta (Marusic 74’), Savic, Immobile.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *