Rudi Voeller Yakin Jerman Pertahankan Gelar Juara Piala Dunia

Rudi Voeller menilai skuat timnas Jerman asuhan Joachim Loew mampu menjadi negara ketiga yang sanggup mempertahankan gelar Piala Dunia.

Jerman sukses menjadi juara Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil. Itu menjadi titel keempat dalam sejarah mereka.

Namun, menjelang bergulirnya Piala Dunia 2018, terdapat sejumlah negara yang memperlihatkan performa apik di babak kualifikasi.

Brasil, Spanyol, Inggris, Prancis, hingga Belgia merupakan tim-tim yang tampil begitu menjanjikan di babak Kualifikasi Piala Dunia zona masing-masing.

Sementara itu, Jerman sudah mengalami banyak perubahan sejak 2014 dan lebih banyak mengandalkan kualitas pemain muda.

Kendati demikian, Mesut Oezil dkk tetap berhasil mempertahankan performa impresif di bawah arahan Joachim Loew.

Voeller pun optimistis tim berjulukan Der Panzer memiliki peluang besar untuk mempertahankan gelar Piala Dunia.

“Tentu saja. Upaya tersebut akan rumit karena selain Brasil tidak ada negara lain yang mampu mempertahankan gelar Piala Dunia,” ungkap Rudi Voeller.

“Sebelum perang dunia mungkin Italia juga melakukannya, tetapi saat itu hanya lima negara yang berpartisipasi,” legenda Jerman itu menambahkan.

“Pada dasarnya hal itu sangat sulit, namun empat tahun lalu sebelum Piala Dunia di Brasil, tidak ada satu pun tim Eropa pernah memenangi titel Piala Dunia di Amerika Selatan,” ujar dia.

Voeller merupakan salah satu mantan pemain yang pernah merasakan euforia memenangi trofi Piala Dunia pada 1990 saat berlangsung di Italia.

Dia mencetak 3 gol dalam turnamen tersebut.

Cuma, pahlawan Jerman sesungguhnya adalah Andreas Brehme, yang mencetak dua gol dari semifinal hingga final dan sukses menunaikan tugas eksekusi saat adu penalti melawan Inggris.