PSM Makassar Bekap Persib Bandung

PSM Makassar mampu mengamankan tiga poin usai mengalahkan Persib Bandung dengan skor 2-1 dalam lanjutan pertandingan Liga 1, di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (15/10) malam.

Dua gol kemenangan tim “Juku Eja” itu sekaligus menjaga perburuan gelar juara, masing-masing diciptakan Zulkifli Syukur (menit 7) dan Pavel Nurishkin ketika pertandingan berjalan 89 menit.

Adapun satu gol dari Persib Bandung diciptakan melalui Febri Haryadi saat laga baru berjalan dua menit.

Pelatih Robert Rene Alberts usai laga mengatakan bangga dengan perjuangan para pemain hingga akhir pertandingan.

“PSM layak meraih kemenangan karena kami mendominasi pertandingan terutama 20 menit pertama. Kami mampu memperagakan sepak bola indah dengan umpan satu dua, dan itu bisa bertahan sampai babak pertama,” ujarnya lagi.

“Khusus untuk Pavel, saya bangga telah mencetak gol penting dalam pertandingan tersebut. Kami juga berhasil mematahkan rekor seri dari Persib Bandung,” kata dia pula.

Pelatih Persib Hery Setiawan memberikan selamat atas kememangan PSM dalam pertandingan tersebut.

Dirinya juga mengakui timnya sempat memberikan tekanan bagi kubu tuan rumah meski pada akhirnya kemenangan tidak berpihak pada tim Persib Bandung.

“PSM mendapatkan keberuntungan pada pertandingan ini dengan memanfaatkan serangan balik,” katanya.

Adapun jalan pertandingan, saat PSM berupaya mengambil inisiatif penyerangan justru harus tersentak dengan adanya gol cepat Febri Haryadi pada menit ke-2.

Gol pemain timnas itu berawal dari sodoran bola dari Michael Essien di tengah lapangan yang mampu dimaksimalkan Febri melalui tendangan keras yang gagal dijangkau penjaga gawang PSM Rivky Mokodompit.

Namun tim tuan rumah ternyata tidak kelabakan dengan gol cepat Persib Bandung. Hamka Hamzah dan kawan-kawan justru bisa bersikap tenang dan itu berbuah manis dengan lahir gol balasan lima menit kemudian melalui tendangan keras Zulkifli Syukur dari luar kotak penalti.

Mampu menyamakan kedudukan membuat para pemain PSM semakin tenang dalam menyusun serangan. Beberapa peluang nyaris berbuah gol juga mampu diciptakan melalui sejumlah pemain, seperti Ferdinand Sinaga, Titus Bonai, dan Marc Anthony Klok.

Tim tamu juga memiliki beberapa peluang termasuk saat memasuki masa perpanjangan waktu melalui tendangan bebas Michael Essien.

Peluang itu pun menjadi yang terakhir sebelum wasit meniup tanda berakhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, kendali permainan kembali diupayakan tim tuan rumah.

Sejumlah pemain baru juga dimasukkan seperti M Rahmat yang mengantikan posisi Titus Bonai serta Zulham Zamrun digantikan Pavel Nuriskin.

Pergantian pemain itu ternyata belum mampu memberikan perbedaan nyata. Apalagi para pemain Persib justru terlihat lebih santai dalam meredam serangan tim PSM.

Namun ketika pertandingan akan berakhir dengan hasil imbang, pemain pengganti Pavel Nurishkin akhirnya mampu membuat seluruh isi stadion bersorak melalui golnya pada menit ke-89 sekaligus membawa kemenangan 2-1 untuk PSM Makassar.