PREVIEW LA LIGA SPANYOL: ATLETICO MADRID – BARCELONA

Barcelona memburu delapan kemenangan di awal musim, sedangkan Atletico, yang juga belum terkalahkan, ingin menjegal langkah sang rival.

Barcelona sedang memburu start seratus persen di La Liga Spanyol musim 2017/18 ini ketika tandang ke markas Atletico Madrid di Estadio Wanda Metropolitano, Minggu (15/10) dini hari WIB.

Azulgrana meraih tujuh kemenangan dari tujuh pertandingan di awal musim ini, tapi Atletico juga belum terkalahkan dengan menang empat kali dan imbang tiga kali.

Barcelona memuncaki klasemen sementara dengan mengumpulkan 21 poin, unggul lima poin atas peringkat kedua, Sevilla, dan enam poin dari Valencia dan Atletico, yang ada di urutan ketiga dan keempat. Klub besutan Ernesto Valverde itu terpaut tujuh angka dari sang juara bertahan, Real Madrid .

Pada akhir pekan ini, Wanda Metropolitano akan menjamu pertandingan liga yang pertama antara Atletico dan Barcelona. Tampil di stadion yang baru dan didukung pemain ke-12, Los Rojiblancos bertekad ingin memutus catatan kemenangan beruntun sang rival.

Di pertandingan terakhir, Atletico hanya bermain imbang tanpa gol di markas Leganes. Mereka juga menelan kekalahan 2-1 di tangan Chelsea di kandang sendiri, tapi mengalahkan Malaga dan Sevilla tanpa kebobolan dalam dua pertandingan terakhir di stadion baru mereka.

Setelah mengawali La Liga musim ini dengan imbang 2-2 di Girona, Atletico kemudian menggasak Las Palmas 5-1. Mereka kemudian imbang di Valencia, tapi meraih tiga kemenangan beruntun atas Malaga, Athletic Bilbao, dan Sevilla.

Jelang kunjungan Barcelona ke Madrid ditandai dengan situasi politik Spanyol dengan adanya krisis referendum Catalan. Di pertandingan lawan Las Palmas pada 1 Oktober lalu, sempat ada sedikit gangguan dan laga terancam ditunda, namun akhirnya bisa dilangsungkan dengan pintu-pintu Camp Nou tertutup.

Barcelona meraih kemenangan 3-0 atas Las Palmas sehingga menjaga catatan mereka selalu menang dari tujuh pertandingan awal. Sebelumnya, mereka mengalahkan Real Betis, Alaves, Espanyol, Getafe, Eibar, dan Girona.

H&S - Head to Head

Di ajang Liga Champions, Barcelona juga melakukan start sempurna dengan mengalahkan Juventus dan Sporting Lisbon di putaran grup. Meski sempat kehilangan Neymar pada musim panas ini, mereka justru tampil gemilang sejak kalah dari Real Madrid di Piala Super Spanyol.

Tidak diragukan lagi, pertandingan lawan Atletico ini menjadi yang tersulit sejauh ini. Tapi, jika menang, mereka bisa menyamai start terbaik delapan kemenangan pada musim 2013/14.

Di atas kertas, Barcelona lebih unggul atas Atletico. Apalagi, klub asal ibukota Spanyol itu tidak pernah menang atas sang rival di ajang La Liga sejak kemenangan 2-1 di Madrid pada musim 2009/10.

Barcelona meraih kemenangan 2-1 di Vicente Calderon dalam pertemuan terakhir pada Februari lalu, sedangkan kedua tim bermain imbang 1-1 di Camp Nou di awal musim lalu.

Atletico sebenarnya menelan tujuh kekalahan beruntun lawan Barcelona di tiga kompetisi berbeda antara Januari 2015 dan April 2016, sebelum kembali ke jalur kemennagan dengan skor 2-0 di Liga Champions.

Meski Barcelona lebih banyak diunggulkan, ada sebuah fakta menarik kalau Diego Simeone tidak pernah kalah lawan Valverde di La Liga. Ditambah, Atletico juga belum terkalahkan di musim ini. Jadi, mereka bisa saja bakal menjadi batu sandungan bagi El Barca.

Prakiraan Susunan Pemain:

Atletico Madrid Starting XI (4-3-3): Oblak; Gimenez, Godin, Savic, Hernandez; Koke, Saul, Gabi; Carrasco, Griezmann, Correa.

Barcelona Starting XI (4-3-3): Ter Stegen; Semedo, Umtiti, Pique, Alba; Busquets, Rakitic, Paulinho; Deulofeu, Suarez, Messi.

Prediction Editor Goal Indonesia: Atletico Madrid 1-1 Barcelona