PREVIEW KUALIFIKASI PIALA ASIA: INDONESIA U-19 – BRUNEI DARUSSALAM U-19

Para pemain timnas Indonesia U-19 dalam kondisi siap tempur untuk laga perdana ini.

Timnas Indonesia U-19 bakal memulai petualangannya pada Kualifikasi Piala Asia U-19. Lawan pertama yang akan dihadapi tim Garuda Nusantara adalah Brunei Darussalam di Paju Public Stadium, Selasa (31/10).

Perbedaan suhu yang mencolok antara Korea Selatan dengan Tanah Air, menjadi salah faktor penghambat buat timnas Indonesia menampilkan permainan gemilangnya. Di siang hari suhu Negeri Gingseng berkisar 11-12 derajat, sedangkan malam lebih dingin lagi yakni 3-4 derajat.

Namun, pelatih timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri, menegaskan anak asuhannya sudah siap bertempur. Ia menyebut meski bermain di bawah suhu yang dingin Egy Maulana Vikri serta kolega tetap tampil lepas dalam partai nanti.

“Kami sudah siap melawan Brunei, dua hari ini kami rasa sudah cukup untuk melakukan proses adaptasi serta aklimatisasi yang Alhamdulillah berjalan lancar,” kata Indra.

“Pemain dalam kondisi oke semua, juga pemain sangat semangat dan termotivasi meski bermain dengan suhu dingin. Semua pemain punya kesempatan bermain yang sama, kami tetap bermain dengan gaya kita seperti biasa,” ia menambahkan.

Sementara penyerang timnas Indonesia U-19 Muhammad Rafli menyatakan rekan-rekannya sudah beradaptasi dengan suhu yang ada di Korea Selatan. Ia pun optimistis dapat meraih kemenangan atas Brunei.

Pada pertemuan terakhir lalu di Piala AFF U-18, timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Brunei. Skuat Merah Putih mencukur lawannya tersebut dengan skor telak delapan gol tanpa balas.

“Kami akui dingin, namun itu jangan dijadikan alasan untuk bermain tak maksimal. Kami akan berjuang maksimal, saya rasa Brunei juga tim bagus. Mohon doa dan dukungannya kepada warga Indonesia agar kami menang,” ujar Rafli.

Di babak kualifikasi yang mulai berlangsung 31 Oktober sampai dengan 6 November 2017, timnas Indonesia U-19, menempati Grup F. Selain melawan Brunei, mereka bakal bertarung kontra Timor Leste, tuan rumah Korea Selatan, serta Malaysia.

Hasil yang didapatkan timnas Indonesia U-19 pada babak kualifikasi ini tidak mempengaruhi kelolosan mereka ke putaran final Piala Asia tahun depan. Ini karena tim Garuda Nusantara sudah dipastikan bermain dengan status tuan rumah.

Prakiraan susunan pemain

Indonesia U-19: Aqil Savik, Samuel Christianson, Nurhidayat Haris, Rachmat Irianto, Rifad Marasabessy, Luthfi Kamal, Asnawi Mangkualam Bahar, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli.

Brunei Darussalam U-19: AK Muhd Amirul Hakim, Muhammad Rahimin Abdul Ghani, Abdul Wadud Ramli, Muhammad Nazif Safwan Jaini, Muhammad Wafi Aminuddin, Muhammad Nur Asyraffahmi Norsamri, Muhammad Hanif Farhan Azman, Muhammad Abdul Mateen Said, Muhammad Aqil Danish Aslam, Abdul Hariz Herman, Mohammad Azirul Asmadi Aji.