Pep Guardiola Butuh Waktu Dua Tahun di Manchester City, Klaim Dante!

Namun menurut Dante, bek yang pernah ditangani Pep selama di Bayern Munchen, bukan berarti sang pelatih sudah gagal. Menurut Dante, tahun pertama memang bakal dihabiskan untuk Guardiola beradaptasi dengan klub; juga pemain klub tersebut untuk menyerap taktik jenius juru taktik asal Catalan ini.
Liga Inggris terbukti menjadi tantangan terbesar bagi Pep Guardiola sepanjang kariernya. Jika di Barcelon atau Bayern Munchen, Pep langsung bisa mengambil posisi puncak sejak kompetisi pertama kali bergulir, kali ini tidak. Sang pelatih memang bisa membawa Manchester City meraih 10 kemenangan beruntun di awal musim. Namun, belakangan timnya mulai menderita. City cuma berada di peringkat kelima klasemen, tertinggal 13 poin dari Chelsea.
Belum lagi beberapa kekalahan telak yang diderita oleh Pep Guardiola selama di Manchester City. Timnya dihajar Barcelona empat gol tanpa balas di Liga Champions. Sementara, Everton juga pernah mengerjai The Citizens dengan skor serupa. Hanya saja, menurut Dante, yang pernah dua musim dilatih oleh Pep, Manchester City yang sekarang belumlah Manchester City ideal untuk Pep.
Kepada Omnisport, Dante menuturkan, Tahun pertama (Pep) bisa saja sulit, karena berada di liga yang sangat berbeda. Di (Liga) Spanyol, persaingan hanya terjadi antara tiga tim besar. Di Jerman, biasanya hanya dua tim. Tapi di Inggris, ada enam tim (yang berpeluang juara). Jelas berbeda.

Pep adalah pelatih yang bekerja dengan komitmen 100 persen dengan filosofinya. Sehingga, pemain pun harus memahami filosofinya 100 persen (untuk tampil dengan permainan prima seperti yang diharapkan Pep). Tentu saja di Liga Inggris, (kondisinya berbeda) karena gaya permainan yang lebih keras dan sangat mengandalkan kemampuan atletis (fisik).
Mungkin di tahun pertama, Pep akan kesulitan. Tetapi ketika pemain beradaptasi dengan filosofinya, dengan cara berpikirnya, Manchester City akan melesat. Tahun depan, segalanya pada tim akan berjalan sesuai keinginan Pep.

sports-kompas.com live result sgp Sumber: Sidomi