PELATIH SURIAH INCAR KEMENANGAN BERSEJARAH LAWAN AUSTRALIA

Kemenangan saat menjamu Australia di Malaysia akan memperlebar impian Suriah tampil di Piala Dunia tahun depan.

Ayman Al Hakim meminta agar seluruh penggawa tim nasional Suriah bermain dengan sepenuh hati dan tenaga saat menghadapi Australia di leg pertama play-off kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia.

Suriah akan menjamu kampiun Piala Asia 2015 tersebut di Malaysia, Kamis (5/10), lantaran situasi dalam negeri yang dilanda konflik tak memungkinkan bagi mereka untuk menggelar partai kandang, sama seperti yang sudah mereka jalani sejak awal fase kualifikasi.

The Qasioun Eagles melaju ke play-off setelah finis di posisi ketiga dalam Grup A babak ketiga kualifikasi zona Asia, menjadi pencapaian yang membanggakan bagi masyarakat Suriah yang jenuh dengan perang sipil yang sudah terjadi selama enam tahun terakhir.

Meski di atas kertas Australia lebih diunggulkan untuk bisa meraih kemenangan, Al Hakim tetap optimistis anak asuhnya bisa memberikan yang terbaik dan menorehkan sejarah baru.

“Mencapai babak play-off adalah seperti keajaiban, tak ada yang memperkirakan kami bisa melangkah sejauh ini mengingat situasi yang kami hadapai di dalam negeri,” ujar sang juru latih kepada AFP.

“Ini membuktikan semangat juang yang dimiliki Suriah dan kemampuan untuk bisa mewujudkan hal yang mustahil. Semoga kami bisa memenuhi impian untuk lolos ke Piala Dunia, yang menjadi impian seluruh masyarakat Suriah dan juga seluruh komponen tim ini.”

Leg kedua akan berlangsung di markas Australia, tepatnya ANZ Stadium di Sydney pada 10 Oktober. Pemenang babak ini nantinya akan melaju ke play-off antarbenua menghadapi tim peringkat empat zona CONCACAF, Amerika Serikat.