MU Incar Poin Penuh di Kandang Benfica

Manchester United (MU) akan bertandang ke kandang Benfica di Portugas pada Rabu (18/10 ) malam waktu setempat atau Kamis dini hari WIB untuk menjalani laga lanjutan Piala Eropa musim 2017-2018. Laga ini akan menjadi pertandingan yang krusial bagi kedua tim. Bagi MU, raihan kemenangan akan memuluskan langkah mereka munuju babak selanjutnya pada Piala Eropa, sedangkan bagi Benfica, raihan poin akan membantu memperbaiki catatan mereka di Piala Eropa musim ini.

Maklum saja, saat ini Benfica masih menjadi penghuni terbawah di klasemen sementara Grup A sedangkan, MU adalah pemuncak klasemen sementara Grup A.

Penampilan cemerlang anak-anak asuhan manajer asal Portugal, Jose Mourinho di dua laga pendahuluan saat membekuk FC Basel 4-0 dan CSKA Moskwa 1-4 menjadi modal besar MU saat bertandang ke kandang SL Benfica di Estadio da Luz, Kamis dini hari nanti. MU datang dengan motivasi menjaga asa menuju babak selanjutnya dengan meraih poin penuh di kandang Las Aguilas.

Sementara itu, lawannya, Benfica masih harus berjuang keras untuk keluar dari dasar klasemen setelah dalam dua laga pendahuluan mengalami kekalahan. Apalagi, pada laga terakhir saat berjumpa dengan FC Basel, mereka menderita kekalahan telak 5-0.

Kendati berada di atas angin karena belum pernah kalah dalam dua laga pendahuluan di Piala Eropa musim 2017-2018, MU tidak bisa menganggap enteng Benfica. Statistik pertemuan kedua tim menunjukkan, Benfica pernah membuat pasukan Setan Merah kewalahan saat bertemu di Liga Champions tahun 2011 di mana mereka mampu menahan imbang Mu 2-2 saat bertandang ke Old Trafford dan bermain 1-1 saat berlaga di kandangnya, Estadio da Luz. Pasukan Setan Merah juga ternyata hanya mampu menang sekali dari tiga kali pertemuan terakhir mereka di kandang Benfica.

Selain itu, pada pertandingan di liga domestik pada akhir pekan lalu, Setan Merah juga tampak kesulitan saat bertemu Liverpool. Berbagai upaya yang dilakukan tak mampu membobol gawang Liverpool. Kedua tim akhirnya berbagai angka 1-1 setelah sampai peluit panjang ditiup wasit tak ada gol yang tercipta dari kedua tim.

Namun, tentu saja komposisi pemain saat itu yang dibawa Mourinho ke Benfica kali ini berbeda. Apalagi, kepulangan Mourinho ke kampung halamannya kali ini dengan misi yang berbeda yakni meraih poin penuh untuk menjaga asa mereka merebut juara Piala Eropa setelah pada musim lalu mereka tak bisa tampil di Piala Eropa.

Selain itu, laga Kamis dini hari nanti juga merupakan laga reuni bagi Nemanja Matic dan Victor Lindelof yang pernah berkarir di Estadio da Luz. Lindelof sendiri baru saja bergabung dengan Setan Merah pada musim panas ini. Tentu saja, laga ini akan menjadi ajang pembuktian bahwa keduanya pantas mendapatkan tawaran dari MU. Keduanya juga tentu akan bekerja keras untuk membuktikan kepada para pendukung Benfica bahwa mereka memang layak mendapatkan tawaran yang lebih baik.

Tak hanya kedua pemain, pertandingan nanti juga akan menjadi ajang reuni bagi sang manajer, Jose Mourinho yang pernah berkarir di klub ini saat mengganti Jupp Heynckes tahun 2000.

Di sisi lain, pelatih Benfica, Rui Vitoria sudah menyiapkan strategi untuk meredam ambisi Setan Merah pada laga nanti. Apalagi, Benfica tampaknya tidak terlalu banyak bermasalah dengan cidera para pemainnya. Namun, dalam laga nanti Rui Vitoria terpaksa tidak bisa memainkan Andre Almaida yang terkena kartu mereah saat berjumpa FC Basel.

Dengan formasi 4-4-2, Vitoria kemungkinan besar akan memainkan duet Jonas dan Raul Jimenez sebagai ujung tombak untuk membongkar pertahanan Setan Merah. Sedangkan, Lubomir Fejsa dan Pizzi kemunginan besar akan ditugaskan untuk membagi bola di lini tengah sebagai pengatur serangan. Sementara itu, Doulas akan dipatok untuk mengisi posisi Almaida di bek kanan.

Sementara itu, Setan Merah masih dipusingkan dengan cidera sejumlah pemain andalannya seperti Paul Pogba, Zlatan Ibrahimovic, Michael Carrick, Marouane Fellani, Eric Bailly, dan Marcos Rojo. Hal ini membuat Mourinho kemungkinan besar akan mengubah komposisi pemain saat bertemu Benfina, Kamis dini hari nanti.

Berdasarkan kondisi tersebut, Mourinho yang kemungkinan besar memainkan pola 4-2-3-1 tersebut akan tetap mempercayakan Romelu Lukaku sebagai penyerang tunggal di depan. Juan Mata yang tak tampil akhir pekan lalu saat bertemu Liverpool diprediksi akan dimainkan pada laga ini sejak menit awal. Sedangkan, duet di jantung pertahanan akan dipercayakan kepada Victor Lindelof dan Chris Smailling.

Perkiraan Susunan Pemain:

Benfica: (4-4-2) Cesar, Grimaldo, Jardel, Luisao, Douglas, Cervi, Fejsa, Pizzi, Salvio, Jimenez, Jonas.

Manchester United: (4-2-3-1) De Gea, Blind, Lindelof, Smalling, Valencia, Matic, Herrera, Martial, Mkhitaryan, Mata, Lukaku

Statistik Kedua Tim:

23/11/11 Manchester United 2 – 2 Benfica (UCL)

15/09/11 Benfica 1 – 1 Manchester United (UCL)

07/12/06 Manchester United 3 – 1 Benfica (UCL)

27/09/06 Benfica 0 – 1 Manchester United (UCL)

08/12/05 Benfica 2 – 1 Manchester United (UCL)