Messi Terbaik Sepanjang Masa La Liga, Ronaldo peringkat 17

Sebuah studi dilakukan oleh Pusat Investigasi Sejarah dan Statistik Sepakbola Spanyol (Centro de Investigaciones de Historia y Estadística del Fútbol Español atau CIHEFE). Studi ini bertujuan untuk mengetahui siapa pemain terbaik sepanjang masa La Liga.

Studi ini mengukur kehebatan semua pemain yang pernah bermain di La Liga. Untuk menentukannya, digunakan berbagai variabel seperti total menit bermain per musim, gol dari permainan terbuka, penalti, gol bunuh diri, rekor disiplin (kartu kuning, kartu merah) dan beberapa faktor lain.

Semua pemain diperlakukan dengan sama dalam penilaian kali ini. Analisis terhadap kemampuan mereka pun dilakukan dengan cara yang sama.

Sejak La Liga dimulai 90 tahun lalu, sudah ada 9.280 pemain yang sudah bermain di La Liga, termasuk 854 penjaga gawang. Dari penelitian yang dilakukan CIHEFE, Lionel Messi muncul sebagai pemain terbaik La Liga sepanjang masa.

Di bawah Messi ada Raul Gonzalez, Cesar Rodriguez, Telmo Zarra dan Quini Castro di lima besar. Sosok pemain yang kerap disebut sebagai rival Messi, Cristiano Ronaldo, berada di peringkat 17 studi ini.

Sebagai catatan, tak banyak pemain aktif yang masuk dalam daftar ini. Selain Messi dan Ronaldo, ada Aritz Aduriz yang bercokol di peringkat 67.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *