Menanti Pembuktian Alvaro Morata di Chelsea

Alvaro Morata dibebani ekspektasi yang tinggi saat datang ke Chelsea di bursa transfer musim panas ini. Pembuktian pemain 24 tahun itupun dinanti.

Morata didatangkan Chelsea dari Real Madrid dengan harga selangit. Sedikitnya, The Blues mengeluarkan uang 60 juta pound sterling.

Dalam dua pertandingan yang sudah dijalani bersama Chelsea, Morata belum menunjukkan diri. Pada pertandingan melawan Inter Milan, Morata yang menjadi starter bermain 65 menit tanpa memberi kontribusi gol. Chelsea kalah 12 dalam laga di Singapura itu.

Sementara di Community Shield antara Chelsea melawan Arsenal, Morata menjadi pemain pengganti. Laga di Wembley akhir pekan lalu selesai 11 hingga 90 menit. Pertandingan harus diselesaikan hingga babak tostosan.

Chelsea kalah 41 saat adu kiper, Morata merupakan salah satu eksekuor Si Biru yang gagal menceploskan bola ke dalam gawang.

Selama membela Madrid musim lalu, Morata tampil cukup produktif. Dia membukukan 20 gol dalam 43 pertandingan di semua ajang.

Sebanyak 22 pertandingan dicatatkan sebagai pemain pengganti, hingga Morata mendapatkan julukan sebagai supersub saat berseragam Los Blancos.
Kekuatan kaki kanan menjadi andalan Morata untuk menjebol gawang lawan. Sebanyak 11 gol Morata musim lalu dibukukan dengan kaki kanan, dua dengan kaki kiri, dan tujuh sisanya dengan sundulan.

Dalam 26 pertandingan bersama Madrid di Liga Spanyol, Morata dicatat oleh Squawka mampu mencatatkan sebanyak 17 peluang. Akurasi tembakan Morata juga cukup mumpuni, ada di angka 63 persen. Akurasi tendangan Morata lebih bagus dari striker lama Chelsea, Diego Costa, yang ada di angka 53 persen.

Dengan ekspektasi untuk menggantikan Diego Costa, Morata jelas akan dituntut untuk lebih tajam lagi. Diego Costa merupakan goal getter Chelsea dalam tiga musim terakhir dengan catatan 59 gol dalam 120 pertandingan.