Liga Champions: Sevilla – Bayern Munich

Setelah mengeliminasi Manchester United, kuda hitam Sevilla kembali berhadapan dengan raksasa Eropa lainnya dalam wujud Bayern Munich.

Sevilla dan Bayern Munich akan berjumpa untuk pertama kalinya pada laga babak perempat-final leg pertama Liga Champions di Ramon Sanchez Pizjuan, Rabu (4/4) dini hari WIB.

Keberhasilan mengeliminasi Manchester United memastikan partisipasi perdana Sevilla di delapan besar kancah terakbar Eropa sejak 1958 (saat masih bernama European Cup). Dibandingkan Bayern, Sevilla pantas dianggap anak bawang.

Khusus di era modern turnamen saja, mulai 1992, Bayern sudah 17 kali menembus perempat-final alias rekor terbanyak kompetisi.

Namun, haram bagi Bayern untuk meremehkan Sevilla. Skuat Vincenzo Montella tampil hebat kala mempermalukan United 2-1 di Old Trafford, dan mereka nyaris menjadi klub pertama yang mengalahkan Barcelona di La Liga Spanyol musim ini.

Pada Sabtu (31/3) lalu, Los Nervionenses memimpin dua gol atas Barca hingga tiga menit terakhir sebelum Luis Suarez dan Lionel Messi memaksakan skor imbang 2-2.

“Cara mereka menyingkirkan Manchester [United] impresif. Mereka menekan Barcelona pada akhir pekan, Anda bisa lihat bagaimana mereka bermain menghadapi tim-tim top,” ucap Thomas Muller.

“Saya rasa hasil dan fakta bahwa skor imbang 2-2 terhitung sangat positif bagi Barcelona menjadi peringatan yang cukup. Jujur saya tak peduli bagaimana cara kami untuk bisa lolos, tapi tentunya kami ingin mencetak gol besok.”

Klub Spanyol menjadi momok untuk Bayern belakangan ini. Dalam empat edisi terakhir Liga Champions The Bavarians selalu tersingkir di hadapan klub La Liga, dan lima kunjungan terkini Bayern ke Tanah Matador senantiasa ditandai kekalahan.

Sebaliknya, Sevilla memiliki rekor mumpuni kontra wakil Jerman, memetik 12 kemenangan dan cuma tiga kali kalah dalam total 20 pertemuan. Khusus di kandang, hasil terburuk Sevilla adalah empat skor seri dari 11 kesempatan menjamu utusan Bundesliga.

Bayern toh tetaplah Bayern. Status sebagai salah satu favorit utama juara kembali menguat seturut kebangkitan gemilang di bawah komando Jupp Heynckes, pelatih yang mempersembahkan treble 2013 dan dipanggil dari masa pensiun untuk menggantikan Carlo Ancelotti.

Robert Lewandowski cs. menghancurkan Besiktas lewat skor agregat 8-1 di 16 besar, dan pada akhir pekan laskar Heynckes menggelar persiapan terbaik sebelum berangkat ke Sevilla: kemenangan masif 6-0 atas Borussia Dortmund, hasil yang secara efektif kembali menahbiskan Die Rekordmeister sebagai kampiun Bundesliga.

Bayern pun akan diuntungkan absensi Ever Banega, pilar penting di lini tengah Sevilla yang berhalangan tampil akibat akumulasi kartu.

“Sepanjang sejarah Bayern telah memainkan banyak laga besar di depan kerumunan penonton yang luar biasa. Pemain-pemain saya tak akan takut oleh atmosfer yang diciptakan fans Sevilla,” tutur Heynckes dalam konferensi pers.

“Bagi pemain kedua tim, ini akan menjadi pengalaman indah. Untuk inilah kami bermain. Tim saya tak akan mengincar hasil imbang, Bayern selalu bermain untuk menang,” tegasnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Sevilla (4-2-3-1): Rico; Mercado, Kjaer, Lenglet, Escudero; N’Zonzi, Pizarro; Navas, Vazquez, Correa; Muriel

Bayern (4-3-3): Ulreich; Kimmich, Boateng, Hummels, Alaba; Vidal, Javi Martínez, James; Muller, Lewandowski, Ribery

Prediksi Goal Indonesia: Sevilla 1-2 Bayern Munich

Related Post