Lawan Palace, Peluang Besar “Setan Merah” Pimpin Klasemen

Manchester United harus memaksimalkan pertandingan melawan Crystal Palace, Sabtu (30/9) untuk meraih kemenangan dan memimpin klasemen Premier League.

Peluang ini terbuka lebar karena mereka akan menjadi tuan rumah di Stadion Old Trafford. Di atas kertas, materi pemain yang dimiliki Jose Mourinho juga jauh di atas lawan yang bermarkas di Stadion Shelhurst Park tersebut.

Jika mampu menundukkan pasukan dari London tersebut, MU akan bertengger di puncak klasemen menyalip Manchester City yang kini memiliki poin sama namun unggul selisih gol. City sendiri baru bermain sekitar setengah jam setelah laga MU vs Palace usai.

Pendukung “Setan Merah” tentunya berharap skuat Pep Guardiola tertahan atau bahkan kalah. Peluang ini cukup besar mengingat yang dihadapi oleh Man City adalah juara bertahan Chelsea, di Stadion Stamford Bridge pula.

Jika skenario itu bisa terpenuhi, Man City kalah atau seri di Chelsea, maka MU akan melewati pekan ketujuh sebagai pemimpin klasemen dengan keunggulan tiga atau dua poin atas penghuni urutan kedua.

Kondisi mental MU juga tengah bagus-bagusnya. Apalagi mereka baru saja memetik kemenangan yang menaikkan moral dengan menaklukkan tuan rumah CSKA Moscow dalam penyisihan Grup A Liga Champions, Rabu lalu.

Romelu Lukaku mencetak dua gol dalam partai di ibu kota Rusia itu. Dua lainnya dihasilkan dari penalti Anthony Martial dan Henrikh Mkhitaryan. Setelah dua pertadingan, MU pun kini memimpin klasemen, unggul atas Basel, CSKA, dan Benfica.

Setelah laga di level Eropa, Mourinho kemungkinan akan melakukan rotasi dalam skuatnya. Antonio Valencia akan kembali mengisi starting XI setelah tak dibawa saat Manchester United melawat ke Rusia. Phil Jones akan absen untuk kedua kalinya secara beruntun, maka posisinya sebagai bek tengah akan ditempati Chris Smalling.

Pemain belakang Tim Nasional Inggris ini akan berduet di jantung pertahanan dengan Eric Bailly. Ashley Young dan Henrikh Henrikh Mkhitaryan ditarik lebih awal ketika menang 4-1 di kandang CSKA Moscow, ini sepertinya sinyal mereka akan menjadi starter melawan Crystal Palace, Sabtu.

Anthony Martial sebenarnya sangat pantas untuk kembali dipercaya tampil sejak awal pertandingan namun pemain asal Prancis ini mengalami cedera ringan ketika bertandang ke VEB Arena, kandang CSKA, pertengahan pekan lalu. Jika demikian, Marcus Rashford akan mendapat tempat di barisan depan. Pemain ini akan bermitra dengan dua rekannya Juan Mata dan Henrikh Mkhtikaryan untuk menopang ujung tombang Romelu Lukaku.

Mata hanya duduk di bangku cadangan dan tak dimainkan ketika melawan CSKA. Dengan alasan lebih bugar, mantan pemain Chelsea tampaknya akan mendapat kepercayaan Mourinho untuk bermain sejak menit pertama dalam partai di London ini.

Marouane Fellaini diragukan bisa turun namun Michael Carrick dipastikan absen. Di barisan tengah, Nemanja Matic dan Ander Herrera tampaknya akan berduet untuk menjaga keseimbangan antara barisan depan dan belakang.

Selain Carrick, pemain lain yang tak bisa tampil di kubu MU adalah Paul Pogba, Zlatan Ibrahimovic dan Marcos Rojo. Semuanya harus absen akibat cedera.

Crystal Palace mendapat pukulan telak lantaran striker andalan mereka, Christian Benteke, dihantam cedera lutut serius dan harus absen enam pekan. Manajer anyar, Roy Hodgson, pun harus memutar otak lantaran Connor Wickham pun tak bisa diturunkan.

Kemungkinan besar Bakary Sako akan menjadi andalan di barisan depan dengan menjadi striker tunggal. Pemain yang biasanya beroperasi sebagai gelandang ini sudah mencetak dua gol yakni saat menang atas West Bromwich Albion dan ketika menundukkan Huddersfield.

Pemain berkebangsaan Mali namun lahir di Prancis ini akan menjadi andalan untuk membongkar lini belakang lawan. Dia bakal ditopang trio Andros Townsend, Jason Puncheon, Jeffrey Schlupp.

Palace sempat memainkan partai uji coba pertengahan pekan lalu untuk meningkatkan kepercayaan diri tim. Mereka menang 2-1 atas tim nonliga Bromley.

Timothy Fosu-Mensah tak bisa tampil melawan tim yang meminjamkannya sementara Ruben Loftus-Cheek juga absen akibat cedera. Kondisi James Tomkins belum pulih dari sakit dan tak akan ikut melawat ke Manchester.

Luka Milivojevic dan Yohan Cabaye akan bekerja sama di depan empat pemain belakang. Scott Dann serta Mamadou Sakho berjaga di jantung pertahanan didampingi Joel Ward di sisi kanan dan Patrick van Aanholt di kiri.

Palace berhasil menahan Manchester City selama 44 menit dalam laga pekan lalu sebelum diberondong lima gol tanpa balas. Mereka selalu kalah dalam enam laga pertama di Premier League musim ini dan tak pernah mencetak gol.

Saat ingin bangkit, mereka harus berhadapan dengan raksasa Inggris lainnya, MU. Ini jelas tugas yang sangat berat bagi Hodgson yang diangkat menggantikan Frank De Boer.

MU mungkin masih kelelahan setelah terbang ke Moscow dan bermain melawan CSKA di Liga Champions. Namun jika lawannya hanya Palace, di kandang pula, maka kemungkinan pasukan Mourinho meraih kemenangan sangat terbuka. Bukan tak mungkin mereka akan meraih kemenangan telak.

Apalagi performa MU akhir-akhir ini sangat meyakinkan. Mereka mampu mencetak 10 gol tanpa kebobolan dalam tiga laga terakhir di Premier League.

“Setan Merah” juga tak pernah kebobolan dalam empat pertemuan terakhir melawan Palace di Old Trafford. Harapan pasukan Hodgson untuk meraih poin sepertinya sangat tipis kali ini. Ini berarti mereka harus lebih lama lagi berada di dasar klasemen.

Perkiraan Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1):
K: David de Gea
B: Antonio Valencia, Eric Bailly, Chris Smalling, Ashley Young,
T: Nemanja Matic, Ander Herrera
T: Juan Mata, Henrikh Mkhitaryan, Marcus Rashford
D: Romelu Lukaku

Crystal Palace (4-2-3-1)
K: Wayne Hennessey
B: Joel Ward, Scott Dann, Mamadou Sakho, Patrick van Aanholt
T: Luka Milivojevic, Yohan Cabaye
T: Andros Townsend, Jason Puncheon, Jeffrey Schlupp
D: Bakary Sako

Lima Pertandingan Terakhir Manchester United
13/09/17 Liga Champions Manchester United 3-0 Bale
17/09/17 Premier League Manchester United 4-0 Everton
21/09/17 Piala Liga Manchester Uni 4-1 Burton
23/09/17 Premier League Southampton 0-1 Manchester United
28/09/17 Liga Champions CSKA Moskwa 1-4 Manchester United

Lima Pertandingan Terakhir Crystal Palace
26/08/17 Premier League Crystal Palace 0-2 Swansea City
10/09/17 Premier League Burnley 1-0 Crystal Palace
16/09/17 Premier League Crystal Palace 0-1 Southampton
20/09/17 Piala Liga Crystal Palace 1-0 Huddersfield
23/09/17 Premier League Manchester City 5-0 Crystal Palace

Head to Head
21/05/17 Premier League Manchester United 2-0 Crystal Palace
15/12/16 Premier League Crystal Palace 1-2 Manchester United
21/05/16 Piala FA Crystal Palace 1-2* Manchester United
21/04/16 Premier League Manchester United 2-0 Crystal Palace
31/10/15 Premier League Crystal Palace 0-0 Manchester United
09/05/15 Premier League Crystal Palace 1-2 Manchester United