Kane Dua Gol, Spurs Hantam Liverpool 4-1

Tottenham Hotspur tampil gemilang kala menghadapi Liverpool. Lewat torehan dua gol Harry Kane, The Lilywhites menang dengan skor 41.

Pada laga yang dihelat di Wembley Stadium, Minggu (22/10/2017) malam WIB, Spurs memang kalah penguasaan bola 36 persen berbanding 64 persen. Meski demikian, Spurs lebih mematikan lewat serangan balik dengan membuat 11 attempts, enam mengarah ke gawang.

Sementara, Liverpool meski punya tujuh attempts on target dari total delapan, tapi gagal memaksimalkannya. Di babak pertama, Spurs memimpin 31 lewat golgol Harry Kane, Son HeungMin, dan Dele Alli. Mohamed Salah sempat memperkecil skor lewat golnya.

Di babak kedua, gol kedua Kane memastikan kemenangan Spurs di laga ini. Tambahan tiga poin ini membuat Spurs naik ke posisi ketiga klasemen dengan 20 poin, sama dengan milik Manchester United, tapi kalah selisih gol.

Kekalahan kedua Liverpool musim ini membuat mereka terjun bebas ke posisi kesembilan klasemen dengan 13 poin.

Jalannya Pertandingan

Laga baru berjalan tiga menit, gawang Liverpool sudah bobol setelah Kane mencetak gol. Diawali jebakan offside yang gagal, Dejan Lovren gagal mengantisipasi bola umpan kepada Kane yang dengan bebas masuk ke kotak penalti Liverpool.

Simon Mignolet yang maju untuk menutup ruang tembak sempat membuat Kane kehilangan keseimbangan. Tapi Kane masih mampu menembak bola dengan kaki kirinya ke gawang Liverpool.

Lini pertahanan Liverpool yang rapuh di awal pertandingan membuat Spurs dengan mudah menembusnya. Beberapa kali peluang nyaris tercipta sebelum Spurs akhirnya mampu mencetak gol keduanya di menit ke12.

Lovren lagilagi jadi awal terciptanya gol Spurs ini setelah dia gagal menghalau bola umpan ke arah Kane yang bebas menusuk dari sisi kanan. Dia lantas mengirim umpan silang ke kotak penalti dan Son HeungMin dengan mudah mencocor bola ke gawang Mignolet.

Spurs nyaris menjebol lagi jala Liverpool pada menit ke17 ketika Son lepas dari kawalan Matip dan melepaskan sepakan keras, tapi bola masih menghantam mistar gawang.

Liverpool memperkecil kedudukan pada menit ke24 setelah umpan diagonal Jordan Henderson ke kotak penalti Spurs diteruskan Salah lewat sontekan kaki kanan ke gawang Hugo Lloris.

Gol tersebut membuat Liverpool terpacu untuk mengejar ketertinggalan tapi beberapa peluang yang didapat justru gagal mengancam jala Spurs.

Malahan di menit ke29 gawang Mignolet nyaris bobol lagi andaikan dia tak menepis sepakan Son dengan kakinya. Lovren yang membuat dua blunder lantas ditarik keluar digantikan Alex OxladeChamberlain.

Liverpool yang berusaha mencetak gol lagi sebelum babak pertama usai malah kebobolan di menit ketiga injury time. Berawal dari sepakan bebas Christian Eriksen, bola yang mengarah ke kotak penalti tidak disapu Joel Matip dengan baik.Foto: Eddie Keogh/ReutersBola liar langsung disambut sepakan first time kaki kiri Dele Alli yang bersarang pojok kanan gawang Mignolet. Skor 31 menutup babak pertama.

Masuk di babak kedua, Liverpool tetap unggul dalam penguasaan bola tapi tetap saja Spurs yang lebih mematikan dalam hal membangun serangan, terutama lewat counterattack.

Di menit ke56 Kane menjebol lagi jala Mignolet untuk membawa Spurs unggul 41. Dari sepakan bebas Eriksen, bola gagal dibuang sempurna oleh Mignolet dan jatuh di kaki Jan Vertonghen.

Images via ReutersBola tembakan Vertonghen bisa dihalau Firmino di garis gawang tapi Kane mampu mencocor bola muntah untuk menjadi gol.

Lini belakang Liverpool benarbenar jadi petaka di malam ini ketika Kane dengan mudah menggiring bola dari tengah pada menit ke65. Ketika dia dalam posisi bagus untuk menembak, Joe Gomez bisa mengadangnya.

Dua menit setelahnya Coutinho menguji ketangguhan Lloris lewat sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti, tapi bola bisa ditepis dengan susah payah.

Tak ada lagi peluang tercipta hingga pertandingan berakhir dan Spurs menutup laga dengan skor 41.