Kalahkan Osasuna, Real Madrid Kembali Puncaki Klasemen

Real Madrid kembali memuncaki klasemen Liga Spanyol setelah menang 3-1 di markas Osasuna, Sabtu (12/2), berkat gol-gol dari Cristiano Ronaldo, Isco, dan pemain pengganti Lucas Vazquez.
Penyerang Osasuna Sergio Leon sempat membatalkan gol pembukaan Ronaldo yang dibukukan pada menit ke-24 setelah bek Tano harus ditandu keluar lapangan karena mengalami patah kaki, sedangkan bek Real Danilo harus ditarik keluar lapangan karena cedera pada babak kedua.
Isco mengembalikan keunggulan Real pada menit ke-62 dan pasukan Zinedine Zidane menambahi gol ketiga melalui Vazquez dengan sepakan terakhir pada pertandingan ini. Kiper Real Keylor Navaz melakukan serangkaian penyelamatan berkualitas untuk mempertahankan keunggulan mereka, sebelum Vazquez memastikan kemenangan kedua di liga bagi Real dalam kunjungannya ke markas lawannya tersebut, yang menghuni dasar klasemen dengan sepuluh angka.
Real memimpin klasemen dengan 49 angka, menggeser Barcelona yang memiliki 48 angka setelah sang juara bertahan menghancurkan Alaves dengan skor 6-0, dengan bantuan gol-gol dari trio “MSN” yakni Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar.
Bagaimanapun, kemenangan ini dibayang-bayangi oleh cedera pergelangan kaki mengerikan yang dialami bek kanan Aleix Vidal, yang dipastikan akan absen sampai akhir musim. Pasukan Zidane kini memiliki keunggulan dua pertandingan yang belum dimainkan atas Barca ketika mereka berusaha untuk memenangi gelar untuk pertama kalinya sejak 2012.
Real mengatasi tekanan awal dari tuan rumah berkat dua penyelamatan bagus Navas dan membuka keunggulan ketika Ronaldo mengejar umpan terobosan dari Karim Benzema, dan memasukkannya melalui sela-sela kaki Salvatore Sirigu.
Osasuna menebus kegagalan mereka memanfaatkan peluang ketika Leon menaklukkan perangkap offside untuk mengejar umpan terobosan, dan mencungkil bola melewati Navas.
Real kembali harus mengandalkan kiper mereka pada awal babak kedua, ketika Navas menjinakkan tembakan dari Leon namun pasukan Zidane tiba-tiba kembali memperlihatkan keunggulan kualitasnya.
Benzema berlari ke kotak penalti dan meski ia sempat kehilangan kendali bola, Isco mampu menyambarnya ke sudut jauh. Osasuna terus menekan Real namun menjelang pertandingan usai Vazquez dengan tenang mengangkat bola melewati Sirigu untuk memastikan raihan tiga angka.
“Anda tidak melihat perbedan jumlah angka dari tim-tim di atas lapangan, kami tahu bahwa kami harus berjuang di sini dan kami melakukannya untuk mendapatkan kemenangan, mengetahui bahwa kami harus bekerja keras untuk itu,” kata Zidane kepada para pewarta.
Di markas Alavez, Suarez memasukkan umpan silang dari Vidal pada menit ke-37 untuk membawa Barca unggul atas tim Basque tersebut, yang akan kembali bertemu mereka di final Piala Raja, dan Neymar memaksimalkan kesalahan dari kiper Fernando Pacheco pada menit ke-40.
Messi menaklukkan Pacheco untuk menjadi gol ketiga pada menit ke-59 untuk melengkapi gol-gol dari trio “MSN,” sedangkan gol bunuh diri Alexis Ruano, tembakan dari Ivan Rakitic, dan sepakan voli dari Suarez memastikan kemenangan tim Katalan.
Pemain Uruguay itu, yang diusir keluar lapangan pada akhir pertandingan Selasa ketika timnya bermain imbang 1-1 dengan Atletico Madrid yang memastikan tiket Barca ke final Piala Raja, unggul satu gol atas Messi dalam daftar pencetak gol di liga dengan 18 gol.
“Saya datang ke sini dengan perasaan bagus dari perspektif sepak bola, untuk penampilan kami dan hasilnya, namun frustrasi karena cedera Aleix dan apa maknanya untuk dia,” kata pelatih Barca Luis Enrique.
“Melihat salah satu rekan setim Anda menderita cedera serius merupakan hal mengerikan bagi semua orang.”

/YUD
Reuters, Antara

sports-kompas.com poker online terpercaya Sumber: BeritaSatu