Kalah di Swedia, Ini Reaksi Pelatih Italia

Pelatih Timnas Italia, Giampiero Ventura, menegaskan Gli Azzurri seharusnya tak mengalami kekalahan saat tandang ke Swedia, Jumat (10/11) atau Sabtu dini hari WIB. Dia juga mengeluhkan kepemimpinan wasit yang dianggapnya terlalu lunak karena membiarkan pelanggaran yang dilakukan pemain Swedia.

Italia menderita kekalahan 0-1 di kandang Swedia pada laga pertama babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2018. Gol yang menyebabkan juara Piala Dunia 2006 ini tumbang dilesakkan Jakob Johansson pada menit ke-61.

Hasil ini membuat Italia berada dalam bahaya dan terancam tak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya sejak 1958. Ini untuk kedua kalinya Italia harus melewati babak play-off untuk bisa mendapatkan tiket Piala Dunia.

“Melihat yang terjadi di lapangan, ini hasil yang tak pantas kami raih. Gigi Buffon tak perlu melakukan penyelamatan. Kami punya beberapa peluang dan mengenai gawang,” kata Ventura kepada Rai Sport.

“Saya berharap di Milan nanti mereka membolehkan kami melakukan hal yang dibolehkan wasit kepada mereka karena dalam pertandingan penting dengan level seperti ini, Anda tak boleh melakukan pendekatan seperti itu,” katanya.

“Minimal kami seharusnya bisa meraih hasil seri. Saya ulangi, dalam level ini wasit seharusnya lebih cermat,” kata mantan pelatih Torino ini.

“Kini kami harus meraih hasil positif. Kami tahu laga ini akan dimainkan lebih dari 180 menit. Saya kira ini bukan hasil yang tepat namun kami bisa membalikkan posisi,” katanya.

“San Siro bisa membantu kami namun kami harus juga harus berusaha keras dan memenangkan laga nanti,” kata Ventura.

Laga kedua play-off melawan Swedia akan digelar di Stadion San Siro pada Senin (13/11) mendatang. Pasukan Giampiero Ventura minimal harus mencetak dua gol tanpa balas jika ingin menjadi peserta di Rusia, musim panas mendatang.