John Stones Sebut Pengaruh Besar Guardiola di Timnas Inggris

Pemain bek tengah timnas Inggris, John Stones, yakin mereka mulai mendapatkan keuntungan dari pengaruh kepelatihan Pep Guardiola di klub Manchester City dalam Liga Primer Inggris.

Stones adalah salah satu dari tiga pemain Manchester City yang menjadi pemain starter timnas Inggris saat mengalahkan Belanda 1-0 di Amsterdam, Sabtu, 24 Maret 2018, dalam pertandingan persahabatan internasional.

Stones meyakini pelajaran bermain sepak bola yang didapatkannya bersama bek sayap Kyle Walker dan penyerang Raheem Sterling dari Guardiola telah membuat ketiganya berperan penting dalam tim asuhan Gareth Southgate. Tiga pemain City itu bisa mengembangkan karakter permainan mereka berbasis pada pentingnya penguasaan bola.

“Kami berusaha membawa semua yang didapat dan dipelajari di bawah asuhan Pep ke dalam skuad Inggris dan juga terbuka untuk belajar dari Gareth,” kata Stones.

“Kami bekerja dan berlatih keras di lapangan di bawah pengawasan Pep. Banyak hal dipelajari, sejumlah gaya permainan yang berbeda, dan bagaimana bermain di sejumlah formasi yang berbeda,” ujar mantan bek tengah Everton itu.

“Saya pikir itu yang memberikan kamu keyakinan untuk tampil lebih percaya diri ketika membela tim Inggris. Kami bisa berbagi gagasan,” ucap Stones melanjutkan.

Southgate punya keinginan kuat Inggris bermain teratur dari lini belakang, tengah, dan ke lini depan daripada bermain dengan umpan-umpan langsung ke mulut gawang lawan. Hal itu membuat peranan Stones, Walker, dan kiper Jordan Pickford menjadi lebih vital. Sebaliknya, peran pemain kawakan seperti bek tengah Chris Smalling dan kiper Joe Hart semakin berkurang.

Selain Manchester City, tim papan atas seperti Tottenham dan Liverpool makin bermain dengan pola teratur seperti itu, daripada menampilkan umpan-umpan lambung ke mulut gawang lawan.

Stones mengatakan kemiripan pola permainan mereka di sejumlah klub masing-masing akan memudahkan mereka untuk lebih menyatu di tim nasional.

Stones tampil pada lima laga terakhir timnas Inggris yang tidak kebobolan satu gol pun. Pada Rabu dinihari, 28 Maret 2018, mereka akan menjamu Italia di Stadion Wembley, London.

Related Post