Jebol Gawang Sutton, Walcott Cetak 100 Gol untuk Arsenal

Kemenangan atas Sutton United yang dipetik Arsenal di babak16 besar Piala FA tak cuma membawa tim London itu lolos ke perempat final. Laga di Stadion Borough Sports Ground ini akan dikenang dengan baik oleh Theo Walcott, karena dia menorehlan gol ke-100 untuk Arsenal.
Dalam laga Senin (20/1) atau Selasa dini hari WIB ini, Walcott menorehan satu gol dan membawa timnya menundukkan Sutton United, 2-0.
Walcott, yang didatangkan dari Southampton 11 tahun silam ini menyumbang satu gol dalam pertandingan melawan Sutton pada menit ke-55. Satu gol lainnya dilesakkan Lucas Perez pada menit ke-26.
Aksinya ke gawang tim asuhan Paul Doswell ini menggenapkan jumlah gol yang sudah disumbangkan Walcott untuk Arsenal menjadi 100. Penyerang Timnas Inggris ini mencetak tiga gol atau hat-trick ke gawang mantan klubnya, Southampton, pada babak 32 besar. Trigol itu membuat koleksi golnya menjadi 99.
Kini golnya ke gawang tim non-liga itu membuatnya menjadi centurion atau pemain yang mampu menyumbang 100 gol untuk The Gunners. Dia menjadi pemain ke-18 yang mamu mencetak 100 gol atau lebih untuk Arsenal.
Ini merupakan gol ke-15 Walcott sepanjang musim ini. Torehannya musim 2016/17 sejauh ini merupakan catatan terbaik kedua yang ditorehkan Walcott dalam semusim setelah musim 2012/13 saat ia mencetak 21 gol.
Sejauh ini dia sudah mengoleksi 63 gol di ajang Liga Inggris untuk Arsenal, 11 di Piala FA, serta sembilan di Piala Liga (EFL Cup). Dia juga pernah menorehkan hat-trick di semua kejuaraan utama di Inggris. Walcott juga menjadi satu-satunya pemain Arsenal yang mampu mencetak gol di final Piala Liga dan Piala FA.
Gol-gol sisanya (17) dia lesakkan di ajang Liga Champions. Walcott juga berada di urutan kedua dalam daftar pemain Arsenal yang paling sering mencetak gol di Stadion Emirates yakni 50 gol. Sementara urutan pertama diisi Robin van Persie dengan 64 gol.
Namun demikian, Walcott juga menjadi pemain Arsenal yang paling lambat bisa mencapai 100 gol di antara para centurion lainnya. Dia butuh 373 pertandingan untuk bisa mengoleksi jumlah golnya itu.
Ted Drake, yang memperkuat Arsenal antara 1934-1945 menjadi yang paling cepat. Dia hanya butuh 108 laga untuk menyumbangkan 100 gol, sementara Ian Wright dalam 143 laga.

Jaja Suteja/JAS
Goal

sports-kompas.com live result sgp Sumber: BeritaSatu