Jadi Pahlawan, Nketiah Belum Dikandung Saat Wenger Sudah Latih Arsenal

Arsenal sempat tertinggal dari Norwich City, namun berbalik menang 2-1 berkat dua gol Eddie Nketiah. Striker 18 tahun itu pun dipuji habis Arsene Wenger.

Pada laga babak keempat Piala Liga Inggris di Emirates Stadium, Rabu (25/10/2017) dini hari WIB, Arsenal tertinggal 0-1 dari Norwich sampai menit ke-85. Gol tim tamu dicetak oleh Josh Murphy di babak pertama.

Di menit ke-85, Wenger pun melakukan pergantian dengan menarik Reiss Nelson dan memasukkan Nketiah. Siapa sangka, pergantian itu menjadi kunci sukses Arsenal.

Nketiah langsung mencetak gol penyeimbang untuk Arsenal 15 detik setelah dimasukkan. Sentuhan pertamanya mengubah skor menjadi 1-1 dan memaksa laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Di babak tambahan, Nketiah kembali berperan. Ia mencetak gol kedua untuk membawa Arsenal menutup laga dengan skor 2-1. Tim London Utara itu pun melaju ke babak berikutnya dan bergabung dengan tim lain seperti Manchester United dan Manchester City.
Opta mencatat, Nketiah adalah pemain pertama yang dilahirkan setelah Wenger menangani Arsenal yang mencetak gol untuk klub tersebut. Nketiah lahir pada 30 Mei 1999 atau tiga tahun setelah Wenger menjadi manajer Gudang Peluru.

Selepas pertandingan, Wenger pun memuji-muji Nketiah. Ia mengaku terkesan dengan fakta pemainnya itu bahkan belum lahir saat dia sudah melatih Arsenal.

“Saya tidak bisa lagi mengingat siapa pemain muda yang memberi pengaruh sebesar itu dalam pertandingan seperti ini. Sampai dia masuk, kami mengalami kekurangan ide dan tidak kreatif,” Wenger menjelaskan seperti dilansir Daily Mail.

“Saya tahu dia punya kualitas, tapi ketika tim membutuhkan Anda dan Anda tampil sesuai harapan, itu kualitas lain yang tidak Anda ketahui sampai anda berada di lapangan.”

“Saya terkesan karena berpikir dia bahkan belum dikandung saat saya sudah berada di sini. Tapi, itu juga bagus karena hidup memberi kesempatan kepada orang-orang muda. Mudah-mudahan dia punya karier yang lama di Arsenal,” Wenger menambahkan.