Ibrahimovic: Saya Pensiun, Level Swedia Menurun

Eks kapten Swedia, Zlatan Ibrahimovic, mengatakan bahwa pensiun dari tim nasional membuat negaranya bisa bermain tanpa tekanan karena kepergiannya membuat ekspektasi terhadap mereka ikut menurun.

Striker Manchester United memutuskan untuk mengakhiri karirnya di level Internasional pasca Euro 2016 usai mengoleksi 116 caps dan mencetak 62 gol.

Tanpa Ibra, Swedia tengah bersiap untuk menghadapi leg pertama playoff Piala Dunia 2018 melawan Italia, dan pemain 36 tahun mengatakan bahwa meski tanpa dirinya, tim asuhan Janne Anderson masih punya banyak pemain hebat.

“Swedia bermain tanpa tekanan, karena sejak saya pergi, tidak ada yang berharap banyak dari mereka sekarang, baik dari media maupun fans. Ketika saya bermain, levelnya meningkat, jadi absennya saya membuat level itu lebih rendah,” tutur Ibra di Sky Sport Italia.

Zlatan Ibrahimovic

“Meski demikian, skuat mereka masih amat bagus secara kolektif, hanya saja tanggung jawab mereka tak sebesar sebelumnya. Para pemain mereka tidak terlalu berpengalaman, namun mereka masih punya ambisi besar.”

Swedia sebelumnya kalah bersaing dari Portugal dalam playoff untuk menuju Piala Dunia 2014 di Brasil.