Hitung-hitungan Wakil Zona Conmebol di Piala Dunia 2018, Siapa Saja Pendamping Brasil?

HINGGA melewati matchday ke-17 atau tinggal menyisakan satu pertandingan, baru Brasil yang menjadi wakil Zona Conmebol (Amerika Selatan) di Piala Dunia 2018. Siapa penghuni posisi dua hingga empat yang akan mendampingi Tim Selecao –julukan Brasil– hingga kini belum terungkap.

Seperti biasa, Zona Conmebol memiliki 4+1 wakil untuk mentas di Piala Dunia. Penghuni posisi satu hingga empat lolos otomatis, sedangkan tim yang finis di tangga kelima akan tampil di babak playoff kontra kampiun Zona Oseania, Selandia Baru, untuk memperebutkan satu tiket.

Menilik satu laga sisa, Okezone coba membuat prediksi siapa wakil Amerika Selatan di Piala Dunia 2018 selain Brasil. Pada Rabu 11 Oktober 2017 pagi WIB, akan digelar lima pertandingan. Sebut saja Paraguay vs Venezuela, Brasil vs Cile, Ekuador vs Argentina, Peru vs Kolombia dan Uruguay vs Bolivia.

Melihat kondisi saat ini, Uruguay, Peru, Argentina dan Paraguay memiliki peluang besar mendampingi Brasil. Di laga terakhir Uruguay hanya bersua Bolivia, tim penghuni posisi sembilan dari 10 negara klasemen dan sudah tak lagi memiliki kepentingan.

Kemenangan atas Bolivia akan membuat Los Celeste –julukan Uruguay – finis di posisi runner-up. Selanjutnya posisi tiga dan empat akan ditempati Peru dan Argentina, dengan koleksi poin serupa. Posisi mereka akan ditentukan siapa yang mencetak lebih banyak gol di laga terakhir.

Peru memang menjamu Kolombia di laga terakhir. Namun, Peru memiliki modal apik. Dalam tiga laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2018, Peru mengemas dua menang dan satu imbang. Bahkan hasil imbang diraih di kandang tim kuat, Argentina. Karena itu, Peru berpotensi menundukkan Kolombia di laga pamungkas.

Argentina? Mereka memang bertandang ke markas Ekuador dan tak memiliki catatan bagus di sana dalam tiga laga terakhir. Namun, Ekuador sudah pasti tersingkir plus motivasi besar dari Lionel Messi dan kawan-kawan membuat tim asuhan Jorge Sampaoli berpotensi memenangi pertandingan.

Sementara Paraguay berpotensi besar finis di posisi lima. Sebab di laga terakhir mereka hanya menjamu Venezuela. Merkea juga dalam motivasi tinggi setelah baru saja mengalahkan Kolombia.

Bagaimana dengan Cile? La Roja –julukan Cile– akan bertandang ke markas Brasil. Meski sudah dipastikan lolos, Brasil diyakini takkan tampil seadanya demi memperbaiki posisi di rangking FIFA.

Prediksi tujuh besar klasemen akhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Conmebol:

1. Brasil 41 Poin

2. Uruguay 31 Poin

3. Peru 28 Poin

4. Argentina 28 Poin

5. Paraguay 27 Poin

6. Cile 26 Poin

7. Kolombia 26 Poin