Hasil Liga Inggris Tadi Malam: Liverpool vs MU Tanpa Gol, De Gea Amankan Satu Poin!

Tampil di laga terakhir pekan kedelapan Premier League, duel klasik ini jauh dari ekspektasi, dan berjalan membosankan. David De Gea menjadi pahlawan Setan Merah dengan membendung tiga peluang The Reds. Liverpool kehilangan peluang menyamai puncak klasemen, sementara Manchester United terparkir ke peringkat ketujuh, di bawah zona Eropa.
Bermain di Anfield pada Selasa (18/10), baik Liverpool maupun Manchester United sama-sama turun dengan formasi 4-2-3-1. Manajer Jose Mourinho kembali mencadangkan Wayne Rooney untuk Ashley Young. Sementara Jurgen Klopp memasang starting XI terbaik minus kiper Simon Mignolet yang diparkir. United, tampil lebih apik dalam 30 menit pertama.

Meskipun demikian, mengincar gol ke gawang tuan rumah bukan pekerjaan mudah. Sebaliknya, perlahan tapi pasti, Liverpool mulai bangkit di 15 menit akhir babak pertama. Mereka mengancam, termasuk via tandukan Daniel Sturridge yang tepat ke arah David De Gea. Skor 0-0 merayap ke turun minum dengan mutu pertandingan di bawah yang dijanjikan dua skuat penuh pemain berkualitas ini.
Keadaan tidak banyak berubah di paruh berikutnya. Menit 50, Lars Karius nyaris menyebabkan gol untuk United ketika ia justru memberikan bola kepada Paul Pogba. Beruntung bagi tuan rumah, Zlatan Ibrahimovic offside lebih dahulu. Tim tamu yang bergantung pada pergerakan Ander Herrera kemudian punya peluang di menit 55, tetapi tandukan Ibrahimovic melenceng.

Selang empat menit, Liverpool punya kesempatan lebih menyengat. Emre Can yang masuk ke kotak penalti, bisa mengirim tembakan kejutan ke sudut kanan bawah gawang. Tetapi De Gea dengan heroik menjatuhkan diri untuk menghalau aksi itu.
Klopp punya taktik lain dengan menumpuk enam gelandang sekaligus ketika Adam Lallana disuntikkan. Tetapi formasi demikian tetap saja menemui jalan buntu. Satu-satunya kesempatan emas datang pada menit 71, ketika Philippe Coutinho mengirim tembakan yang harus dibendung De Gea sambil terbang. Tidak ada hal lain yang bisa dikerjakan The Reds.

Sampai akhir, kedudukan tetap imbang 0-0. Pertandingan berjalan membosankan, terutama ketika Jose Mourinho memasang Herrera agak ke belakang sehingga Setan Merah bermain dengan tiga pivot. Tapi toh tindakan bermain aman ini yang sukses menghadiahkan satu poin untuk pasukannya. United berada di peringkat tujuh, sementara Liverpool harus gigit jari karena tak bisa menyamai poin Manchester City.
Liverpool (4-2-3-1): Karius; Clyne, Lovren, Matip, Milner (A. Moreno 86); Henderson, Can; Mane, Firmino (Origi 85), Coutinho; Sturridge (Lallana 60).
Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Valencia, Bailly, Smalling, Blind; Fellaini, Pogba; Rashford (Rooney 77), Herrera, Young (Shaw 90 2); Ibrahimovic.

sports-kompas.com Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya Sumber: Sidomi