Hasil Copa del Rey 2017: Real Sociedad vs Barcelona 0-1, Neymar Akhiri Kutukan!

Adalah gol tunggal Neymar via penalti yang menjadi penentu kemenangan tim tamu di Anoeta pada Jumat (20/1) sekaligus mengakhiri kutukan klub Catalan yang sekian tahun selalu sial di stadion angker ini. Berkat skor Barca vs Sociedad ini, pasukan Luis Enrique berpeluang besar menembus semifinal, karena leg kedua dimainkan di Camp Nou seminggu lagi.
Ketika sang rival abadi Real Madrid disikat Celta Vigo di kandang dalam leg pertama perempat final Copa del Rey tahun ini, Barcelona justru meraih kemenangan, di partai away pula. Sejak awal, Barca memang berniat menang dengan menurunkan trisula maut mereka, Trio MSN. Sebaliknya, Sociedad juga memakai formasi serupa dengan trio Carlos Vela-Willian Jose-Mikel Oyarzabal yang jadi kunci serangan.
Dihantui bayang-bayang kegagalan selama satu dasawarsa di Anoeta, Barca dikejutkan ketika Samuel Umtiti kehilangan bola, lantas Mikel Oyarzabal mengirim tembakan lengkung yang melebar. Namun, Neymar langsung membalas dengan mengetes kiper tuan rumah, Geronimo Rulli. Barca yang menurunkan tujuh pemain segar dalam starting XI, kemduain mendapatkan hadiah penalti ketika Neymar dijatuhkan oleh Aritz Elustondo di kotak terlarang.

Neymar sendiri yang mengeksekusi bola dan sukses mengecoh Rulli ke arah yang salah. Skor 0-1 merayap hingga turun minum, meskipun Sociedad terus memburu gol. Ada peluang setelah kerja keras Willian Jose, tetapi Asier Illarramendi tidak bisa menemui sasaran. Dalam kondisi tertinggal, tuan rumah setia dengan formasi mereka.
Sebaliknya, Neymar membuang dua peluang emas di awal paruh kedua. Lionel Messi juga lolos dari ancaman kartu kuning kedua meski melakukan dua pelanggaran penting. Dalam kondisi demikian, Sociedad masih bertekad untuk menyerbu. Pelatih Eusebio Sacristan kemudian menyuntikkan Juanmi dan Sergio Canales di belasan menit terakhir pertandingan.
Namun hingga peluit panjang berbunyi, Jasper Cillessen tidak mendapatkan ujian yang cukup. Begitu pula Rulli yang sampai akhir hanya terbobol oleh penalti Neymar di paruh pertama. Tak ayal, keunggulan satu gol begitu penting untuk Barcelona, yang kini merajut mimpi bahkan ke final. Pasalnya, andai lolos, di empat besar kemungkinan mereka cuma bertemu Alaves.

Gol: Neymar 21 penalti
Real Sociedad: Rulli; Aritz, Navas, Iigo, Yuri; Illarramendi, Zurutuza, Xabi Prieto (Canales 75); Vela (Juanmi 72), Oyarzbal, William Jos.
Barcelona: Cillessen; Sergi Roberto, Piqu, Umtiti, Digne; Rakitic (Denis Surez 69), Busquets, Iniesta (Andr Gomes 45); Messi, Surez, Neymar

sports-kompas.com Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya Sumber: Sidomi