Hadiri Sidang, Jose Mourinho: Utang Pajak Saya Sudah Lunas

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho, menghadiri sidang pajak yang berlangsung di pengadilan Puzuelo, Madrid, Jumat 3 November 2017. Ia datang memenuhi panggilan pengadilan pajak Spanyol yang menilai Mourinho tidak membayar pajak dalam kurun 2011 hingga 2012.

Sebenarnya, Mou –sapaan akrab Mourinho– membantah dirinya tidak membayar pajak saat melatih Real Madrid dalam kurun 2010-2013. Namun, karena tak ingin berbelit-belit, Mourinho membayar 3,3 juta euro atau sekira Rp51 miliar, sesuai yang diputuskan pengadilan pajak Spanyol.

“Saya membayar semua utang saya. Setelah dua tahun saya meninggalkan Madrid (2013), saya mendapat kabar bahwa penyelidikan soal pajak saya telah dibuka. Mereka (otoritas pajak) mengharuskan saya untuk membayar sejumlah uang,” kata Mourinho mengutip dari Independent, Sabtu (4/11/2017).

Bisa dibilang Mou tidak mau berbelit-belit karena pada Minggu 5 November 2017 malam WIB, ia harus membawa timnya menghadapi laga berat. Sekadar diketahui, Manchester United akan bertandang ke markas Chelsea, klub yang menghancurkan mereka 0-4 musim lalu.

Kembali ke kasus pajak. Kasus seperti Mourinho bukanlah yang pertama terjadi di Spanyol. Pesepakbola megabintang Barcelona, Lionel Messi, juga pernah merasakannya. Namun, masalah Messi sudah terselesaikan.

Beda halnya dengan Messi dan Mourinho yang urusannya sudah selesai, tidak demikian dengan Cristiano Ronaldo. Ia tak setuju dengan dakwaan otoritas pajak Spanyol yang mengatakan dirinya menunggak pajakimage rights sebesar 14,7 juta euro atau sekira Rp230 miliar. Hingga kini, Ronaldo masih mengajukan banding.