Gol Ke-20 di Liga Primer, Son Dua Kali Bikin Rekor

Gol semata wayang dari pemain Timnas Korea Selatan Son Heungmin pada menit ke64 memberi kemenangan bagi Tottenham Hotspur atas Crystal Palace dalam pertandingan pekan ke11 Liga Primer Inggris pada Minggu malam WIB (5/11/2017).

Kemenangan derby London itu sangat penting bagi Spurs karena memastikannya bertahan di posisi ketiga di bawah duo Manchester, City dan United, kalau pun juara bertahan Chelsea, yang berada di posisi keempat, menang atas MU pada Minggu tengah malam WIB ini.

Perolehan nilai Spurs saat ini 23, sedangkan Chelsea 19. Nilai Spurs sama dengan MU di posisi kedua, namun MU unggul selisih gol 19 berbanding 13. Adapun pucuk klasemen dikuasai Manchester City dengan nilai 28.

Sementara itu, bagi Son, golnya yang dicetak melalui tendangan keras dari luar kotak penalti ke gawang Palace itu membuat penyerang berusia 25 tahun itu tampil sebagai pemain Asia dengan gol terbanyak di ajang Liga Primer Inggris. Dia telah menjebol gawang lawan sebanyak 20 kali di Liga Primer, sehingga ini jadi rekor tersendiri atau kedua baginya.

Son didatangkan Spurs 2 tahun lalu dari klub Bundesliga Jerman Bayer 04 Leverkusen dengan mahar 22 juta pound sterling (Rp385 miliar), rekor pemain Asia denghan biaya transfer termahal, rekor pertama Son.

Meski warga negara Korsel, Son memang memulai karier profesionalnya di Jerman bersama Hamburg SV 7 tahun yang lalu. Setelah 3 tahun, dia pindah ke Bayer 04 Leverkusen.

Pemain kelahiran Chuncheon, Korsel, pada 8 Juli 1992 ini telah memperkuat timnas negaranya dalam 59 pertandingan dengan mengontribusi 18 gol sejak 2010.