GIANLUIGI BUFFON RAYAKAN 20 TAHUN KIPRAH BERSAMA TIMNAS ITALIA

Sang penjaga gawang veteran merasa karier internasionalnya bersama Gli Azzurri masih belum menemui periode akhir.

Gianluigi Buffon merayakan momen spesial dalam kariernya sebagai pesepakbola dengan menandai 20 tahun kiprahnya bersama tim nasional Italia.

Kiper sekaligus legenda hidup Juventus tersebut melakoni debut bagi Gli Azzurripada 29 Oktober 1997, ketika tampil sebagai pemain pengganti dalam duel leg pertama babak kualifikasi Piala Dunia melawan Rusia.

Cedera yang dialami penjaga gawang utama Italia saat itu, Gianluca Pagliuca memaksa Buffon yang baru berusia 19 tahun untuk unjuk gigi. Momen itu menjadi penanda awal perjalanan karier luar biasa sang pemain yang mengawali kiprah profesional dengan memperkuat Parma.

Dua dekade kemudian, Buffon sukses mencatatkan 173 caps dan sebuah raihan trofi Piala Dunia 2006 atas namanya. Ia pun menyampaikan ucapan sukacitanya melalui laman Twitter.

“20 tahun yang lalu, sebuah mimpi yang belum selesai baru dimulai. Saya beruntung bisa menjalaninya dan itu merupakan kesempatan yang istimewa. Terima kasih untuk semuanya!” seru sang kiper berusia 39 tahun.

Secara individu, kualitas Buffon mampu membawanya dinobatkan sebagai kiper terbaik Serie A Italia sebanyak 11 kali, serta terpilih sebagai kiper terbaik dunia versi FIFA tahun ini.