Gagal Bungkam Italia, Southgate Kecam VAR

Pelatih Inggris, Gareth Southgate melancarkan kritik terhadap teknologi video assistant refereeing (VAR) yang digunakan kala timnya menjamu Italia di Wembley dini hari tadi.

Inggris unggul 1-0 hingga menit ke-87 lewat gol Jamie Vardy di babak pertama. Namun kemenangan Inggris harus buyar setelah Italia menyamakan skor lewat penalti Lorenzo Insigne.

Penalti ini didapat Italia setelah wasit lebih dulu melihat tayangan ulang untuk memutuskan bahwa James Tarkowski melanggar Federico Chiesa di kotak terlarang.

“Saya senang ini belum Piala Dunia. Saya pikir aturan ini ‘jelas dan pasti’ dan tidak. Ini sesuatu yang bisa diperdebatkan sepanjang hari,” ujar Southgate kepada ITV.

“Sepertinya James Tarkowski menjatuhkannya tapi itu terjadi ketika proses berlari dan ia terjatuh,” tambah Southgate.

“Saya pikir wasit sudah dapat penglihatan yang bagus. Saya pikir dengan insiden seperti itu VAR tidak akan menyelesaikan masalah. Handball mutlak mungkin bisa, tapi kita harus terbiasa dengannya,” tandasnya.

Di Rusia nanti, Inggris tergabung dalam Grup G bersama Belgia, Tunisia dan Panama. The Three Lions bakal mengawali petualangan mereka dengan melawan Tunisia pada 18 Juni mendatang.

Related Post