Fakta Unik: Musim Ini Barcelona Dibantu 8 Gol Bunuh Diri Lawan

Ada guyonan soal kiprah Barcelona di Liga Champions yang saat ini sedang viral. Pangkal soalnya terkait dengan pencetak gol terbanyak klub tersebut.

Lionel Messi, tentu saja, menjadi pencetak gol utama klub itu, termasuk di Liga Champions. Pemain Argentina itu sudah mencetak 6 gol. Tapi, siapa pemain lain yang juga mencetak banyak gol setelah dia?

Nah, soal inilah yang menjadi bahan lelucon netizen. Setelah Messi, pencetak gol terbanyak Barcelona berikutnya adalah “own goal” alias gol dari aksi bunuh diri pemain lawan. Jumlahnya mencapai 5, hanya terpaut satu dari Messi.

Jumlah own gol itu cukup signifikan karena empat gol lainnya dibagi rata antara enam pemain Barcelona lain. Dan, rupanya, keberuntungan dari gol bunuh diri itu tak hanya didapat Barcelona di Liga Champions. Musim ini, mereka juga mendapat tiga gol bunuh diri lain di luar kompetisi bergengsi Eropa ini.

Dua gol bunuh diri yang jadi hadiah bagi Barcelona tercipta pekan ini. Mereka mendapatkannya saat mengalahkan AS Roma 4-1 di Camp Nou, Rabu dinihari lalu. Saat itu Barca mendapat gol dari Daniele De Rossi dan Kostas Manolas.

Lalu, apa reaksi Barcelona soal pandangan sinis terkait gol bunuh diri ini? Mereka tak peduli. Pelatih Ernesto Valverde tetap melihat gol itu sebagai hal positif. “Bila Anda tak cukup dekat ke gawang lawan, Anda tak akan mendapatnya,” kata dia.

Baginya, gol itu tetap sama berharganya seperti gol lain. “Tak masalah bila itu gol bunuh diri, memang apa yang harus kami lakukan?” kata dia.

Pemain Barcelona, Gerard Pique, membantah timnya menang dari As Roma karena beruntung. “Kami membentur gawang dua kali dan gol bunuh diri itu tercipta karena kami terus menekan dan memastikan bola tetap di arena mereka,” kata bek itu.

Barcelona akan menyambangi Roma untuk menjalani laga kedua perempat final pekan depan. Mereka hanya butuh hasil seri untuk lolos semifinal Liga Champions.

Related Post