Everton vs Liverpool, Mencari Penguasa Merseyside

Partai derby Merseyside, antara Everton melawan Liverpool, Sabtu (7/4) mulai pukul 18.30 WIB memang bukan laga ideal dan bakal sedikit kehilangan greget. Pasalnya, kedua tim saat ini dalam kondisi yang jauh berbeda.

Liverpool saat ini masuk tim empat besar bahkan menjadi ancaman utama bagi penghuni posisi kedua, Manchester United. The Reds juga baru saja memetik kemenangan penting yakni menundukkan Manchester City di perempat final pertama Liga Champions dengan skor telak, 3-0.

Sementara Everton tengah menjalani musim yang jauh dari memuaskan. Ashley Williams dan kawan-kawan saat ini tercecer di urutan kesembilan.

Penampilan yang tak konsisten menjadi penyebabnya. Bahkan setelah pergantian pelatih dari Ronald Koeman ke Sam Allardyce, tim ini tetap kesulitan menemukan permainan yang stabil. Kabar baiknya, mantan pelatih West Ham ini tetap mampu memperbaiki posisi tim di klasemen. Saat dia datang, Everton berada di urutan ke-13.

Namun derby tetaplah derby. Aroma gengsi bakal sangat kentara. Kedua tim selalu punya semangat yang berbeda jika tampil menghadapi sang tetangga. Laga ini juga akan menjadi penentuan siapa yang lebih berkuasa di Merseyside karena dalam partai sebelumnya pada musim ini, kedua tim berbagi angka sama 1-1 di Anfield, markas Liverpool.

Di skuat Allardyce, Idrissa Gueye diberi kesempatan untuk membuktikan kebugarannya saat Manchester City pekan lalu namun dia ternyata tetap tak bisa tampil saat itu. Namun kini dia sudah fit dan bisa tampil sebagai starter setelah mendapat waktu lebih panjang untuk memulihkan diri.

Tom Davies cukup fit untuk masuk sebagai pemain pengganti saat melawan City akhir pekan lalu, sementara bek tengah Ashley Williams bisa kembali bermain setelah menjalani sanksi larangan tampil.

Sejumlah pemain Everton harus absen panjang akibat cedera. Mereka adalah Mason Holgate, Eliaquim Mangala, Gylfi Sigurdsson, Maarten Stekelenburg, serta James McCarthy.

Sementara di kubu Liverpool, Juergen Klopp diperkirakan bakal melakukan perubahan pada timnya setelah sukses menghantam Manchester City 3-0 pada perempat final pertama Liga Champions, Rabu lalu. Ini dilakukan agar pasukannya bisa lebih segar saat tandang ke Manchester City pekan depan pada leg kedua.

Mohamed Salah sepertinya bakal diistirahatkan melawan Everton. Pemain asal Mesir ini mengalami cedera kunci paha dalam partai melawan Man City. Klopp tentunya tak mau ambil risiko mantan pemain AS Roma ini mengalami cedera lebih parah.

Sebagai pengganti peran Salah, Alex Oxlade Chamberlain kemungkinan bakal didorong sedikit ke depan untuk melengkapi trio barisan depan bersama Roberto Firmino dan Sadio Mane.

Cederanya barisan pemain belakang yakni Joel Matip, Ragnar Klavan, dan Joe Gomez membuat Klopp tak punya pilihan lain kecuali menduetkan Dejan Lovren dan Virgil Van Dijk di jantung pertahanan. Mereka akan didampingi Trent Alexander-Arnold di kanan dan Alberto Moreno di kiri.

Emre Can belum pernah lagi tampil membela Liverpool sejak kembali setelah memperkuat Timnas Jerman. Pemain berdarah Turki ini mengalami masalah punggung. Absennya Can, membuat Klopp tak bisa mengistirahatkan Jordan Henderson dalam derby Merseyside ini.

Alberto Moreno bakal diuntungkan karena kemungkinan diturunkan sebagai starter jika Klopp ingin Andrew Robertson dalam kondisi sangat bugar untuk menghadapi Man City.

Everton tampil tidak konsisten musim ini. Namun demikian mereka sudah dipastikan selamat dari degradasi. Tak ada motivasi lain bagi tim asuhan Sam Allardyce ini kecuali bermain sebaik mungkin dan meraih kemenangan.

Namun kemenangan melawan Liverpool tentunya akan menjadi nilai lebih bagi Allardyce yang posisinya dalam bahaya karena gagal membawa The Toffees menembus posisi papan atas.

Mental pasukan Liverpool tengah melambung setelah berhasil menundukkan Man City 3-0 di Liga Champions pekan lalu. Mereka juga sangat bersemangat untuk menorehkan kan rekor kemenangan di liga atas tim sekota itu. Dalam pertemuan di kandang Liverpool musim ini sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1.

Everton tak pernah menang dalam 16 laga derby terakhir melawan Liverpool. Terakhir kali, “Merseyside Biru” menundukkan Liverpool adalah pada Oktober 2010, atau hampir delapan tahun silam. Tiga pertemuan terakhir kedua tim di Goodison Park, laga berlangsung sangat ketat. Namun kali ini Liverpool sangat difavoritkan bakal keluar sebagai pemenang.

Perkiraan susunan pemain:
Everton 4-2-3-1:
K: Jordan Pickford
B: Seamus Coleman, Michael Keane, Ashley Williams, Leighton Baines,
T: Idrissa Gueye, Morgan Schneiderlin
T: Theo Walcott, Wayne Rooney, Yannick Bolasie,
D: Cenk Tosun

Liverpool (4-3-3):
K: Loris Karius
B: Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Dejan Lovren, Alberto Moreno
T: James Milner, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum
D: Alex Oxlade-Chamberlain, Roberto Firmino, Sadio Mané

Lima Pertandingan Terakhir Everton
25/02/18 Premier League Watford 1-0 Everton
03/03/18 Premier League Burnley 2-1 Everton
10/03/18 Premier League Everton 2-0 Brighton & Hove Albion
17/03/18 Premier League Stoke City 1-2 Everton
31/03/18 Premier League Everton 1-3 Manchester City

Lima Pertandingan Terakhir Liverpool
07/03/18 Premier League Liverpool 0-0 Porto
10/03/18 Premier League Manchester United 2-1 Liverpool
18/03/18 Premier League Liverpool 5-0 Watford
31/03/18 Premier League Crystal Palace 1-2 Liverpool
05/04/18 Premier League Liverpool 3-0 Manchester City

Head to Head
06/01/18 Piala FA Liverpool 2-1 Everton
10/12/17 Premier League Liverpool 1-1 Everton
01/04/17 Premier League Liverpool 3-1 Everton
20/12/16 Premier League Everton 0-1 Liverpool
21/04/16 Premier League Liverpool 4-0 Everton
04/10/15 Premier League Everton 1-1 Liverpool
08/02/15 Premier League Everton 0-0 Liverpool

Related Post