Ditahan Imbang Red Star Belgrade, Arsenal Tunda Lolos ke Fase Knockout

Arsenal harus menunda untuk dapat memastikan diri lolos ke fase knockout Liga Eropa 2017-2018. Pasanya, The Gunners hanya mampu bermain imbang 0-0 menghadapi Red Star Belgrade pada matchday keempat babak penyisihan Grup H Liga Eropa 2017-2018 di Emirates Stadium, Jumat (3/11/2017) dini hari WIB.

Arsenal saat ini masih bertengger di posisi puncak klasemen Grup H dengan raihan 10 poin. Anak asuh Arsene Wenger itu hanya butuh hasil imbang kontra FC Koln untuk dapat memastikan diri tampil di babak 32 besar Liga Eropa 2017-2018.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Demi menjaga peluang lolos ke fase knockout, Red Star Belgrade mencoba memberikan tekanan kepada Arsenal di awal babak pertama. Umpan lambung pertama dilepaskan Radonjic ke kotak penalti tuan rumah, tetapi bola masih mampu diamankan dengan baik oleh Elneny.

Peluang bersih pertama didapat oleh Arsenal pada menit 10. Maitland-Niles memberikan umpan tarik ke kotak penalti tim tamu. Giroud yang mendapatkan bola langsung melepaska tembakan first time namun masih bisa ditepis oleh Borjan.

Selepas peluang tersebut, Arsenal terus memegang penguasaan bola. Namun, rapatnya barisan bertahan Red Star Belgrade membuat The Gunners kesulitan untuk dapat mencetak gol di babak pertama.

Keasyikan menyerang, Arsenal hampir lupa dengan barisan bertahan mereka. Melalui serangan balik cepat, Srnic melakukan penetrasi di sisi kanan yang diakhiri umpan matang ke kotak penalti. Sayang, umpan tersebut gagal diteruskan oleh Boakye setelah bola mamp disapu bersih oleh bek The Gunners.

Kembali, tim tamu menebar ancaman ke pertahanan Arsenal. Tandukan Savic hampir saja membuat seisi Emirates terdiam. Beruntung bola sundulannya masih mampu ditepis Macey.

BOAKYE!!! Peluang emas didapat Boakye satu menit jelang turun minum. Berawal dari umpan Kanga yang membelah barisan bertahan tuan rumah, Boakye langsung melakukan tusukan ke kotak penalti. Namun karena kurang tenang, bola sepakannya justru melambung di atas mistar. Skor 0-0 menghiasi babak pertama.

Babak Kedua

Selepas turun minum, Arsenal langsung menggebrak pertahanan Red Star Blagrade. Peluang didapat Giroud yang melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Sayang, bola belum menemu sasaran.

Wilshere terjatuh di kotak penalti setelah terlibat kontak dengan Stojkovic di menit 60. Namun, wasit tidak menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran.

PELUANG! Wilshere sukses mengangkat bola tanpa mampu dijangkau oleh Borjan empat menit berselang. Meski begitu, usahanya masih belum berbuah hasil setelah Le Tallec sukses menghalau bola tepat di garis gawang tim tamu.

Arsenal terus menekan barisan bertahan Red Star Belgrade. Kali ini giliran Walcott yang mencoba peruntungannya di menit 75. Lagi-lagi, usaha para pemain tuan rumah belum berbuah hasil karena sepakannya masih melebar di sisi kiri gawang.

Lagi, Arsenal mendapat peluang untuk dapat memecahkan kebuntuan di 10 menit akhir babak kedua. Walcott yang bergerak di sisi kanan melepaskan umpan tarik ke kotak penalti yang disambut tembakan first time Nketiah, tetapi usahanya masih bisa ditangkap Borjan.

Hingga wasit meniup peluit panjang pertandingan, Arsenal tidak mampu mencetak gol ke gawang Red Star Belgrade. Skor akhir 0-0.

Berikut susunan pemain Arsenal vs Red Star Belgrade

Arsenal: Macey, Debuchy, Elneny, Holding, Nelson, Coquelin, Willock (Nketiah 68’), Maitland-Niles, Walcott, Wilshere, Giroud

Red Star Belgrade: Borjan, Stojkovi?, Le Tallec, Savi?, Gobelji?, Donald, Krsti?i?, Kanga (Milic 70’), Srni? (Ranic 86’), Radonji? (Pesic 89’), Boa?i