Diimbangi Swansea, Spurs Masih Belum Menang di Wembley

Tottenham Hotspur masih belum memetik kemenangan di Premier League saat tampil di Wembley. Menjamu Swansea City, The Lilywhites harus puas bermain 00.

Menjamu Swansea di Wembley, Sabtu (16/9/2017) malam WIB, Spurs bermain amat dominan dan menciptakan banyak peluang. Salah satu peluang terbaik runnerup musim lalu itu didapatkan Harry Kane di pertengahan babak kedua, namun cuma menghantam mistar gawang.

Sementara Swansea yang amat defensif mencoba mengincar lewat serangan balik dan bolabola mati. Tapi selama 90 menit, mereka tak mampu mencatatkan tembakan tepat target satupun.

Bagi Spurs, hasil imbang ini memperpanjang puasa kemenangan di Wembley sejauh Premier League musim ini berjalan. Dari tiga partai kandang yang sudah dijalani, Spurs cuma dua kali imbang dan sekali kalah.

Dengan tambahan satu poin ini, Spurs sementara ada di posisi lima dengan nilai delapan dari lima pertandingan. Sementara Swansea ada di urutan 14 dengan lima poin.

Jalannya Pertandingan

Spurs mulai menebar ancaman di menit keempat. Sepakan Dele Alli dari luar kotak penalti masih melebar ke kiri.

Lima menit kemudian Harry Kane yang mengancam dari tendangan bebas. Sepakannya melewati pagar dan mengarah ke pojok kanan bawah gawang, tapi Lukasz Fabianski bisa menepisnya.

Tekanan Spurs berlanjut. Son Heungmin mendapatkan bola di sisi kiri pad amenit ke11 dan mengarahkan sepakan dari sudut sempit. Bola ditepis saja oleh Fabianski ke luar lapangan.

Kerja sama apik Son, Kane, dan Alli di menit ke18 belum membuahkan hasil positif. Sepakan Son setelah serangkaian umpan ciamik dengan rekannya berakhir melambung.

Percobaan Eric Dier dari tendangan bebas di menit ke23 masih terlampau tinggi. Sementara upaya balasan dari Swansea melalui Tom Carroll cuma melebar ke kanan gawang.

Swansea punya kans bagus di menit ke43. Umpan lambung Carroll disundul Mike van der Hoorn dari jarak dekat, namun bola masuk melesat ke atas gawang.

Di masa injury time babak pertama, Jan Vertonghen melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Bola bisa diamankan oleh Fabianski. Babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Eriksen melepaskan percobaan dari luar kotak penalti dua menit babak kedua berjalan. Bola masih bisa diamankan oleh Fabianski.

Di menit ke56, Spurs mengklaim penalti tapi tak diberikan wasit. Bola umpan silang dari kiri menyentuh tangan Martin Olsson, tapi wasit tak meniup peluit.

Tak lama berselang, Spurs nyaris mencetak gol. Umpan terobosan Toby Alderweireld diterima Son di sisi kanan di dalam kotak penalti dan diselesaikan dengan tendangan keras, namun dihalau Fabianski.

Bola pantul jatuh di kaki Moussa Sissoko yang memberikan umpan tarik ke tengah kotak penalti. Bola disambar Kane akan tetapi membentur mistar gawang dan kembali ke lapangan permainan.

Spurs semakin intens menyerang. Tembakan Son dari sudut sempit di menit ke65 bisa ditepis Fabianski. Dari sepak pojok yang dihasilkan, tuan rumah menciptakan peluang lainnya.

Umpan lambung Eriksen disambut sundulan Kane. Bola meluncur deras ke gawang lalu ditinju Fabianski melewati atas mistar. Ancaman lain untuk Swansea tak lama berselang, kali ini dari Alli. Namun lagilagi Fabianski jadi penyelamat.

Di menit ke81, Kane mendapatkan bola di depan kotak penalti dan melepaskan sepakan keras mendatar. Bola melesat tipis saja di samping kiri gawang.

Sepakan keras Kieran Trippier di masa injury time hampir membuat Wembley bersorak. Bola meluncur deras, namun lagilagi masih menyamping tipis di kiri gawang. Pertandingan berakhir tak lama kemudian.