Diduga Diving, Bernardo Silva Lolos dari Ancaman Hukuman

Bernardo Silva tak akan dijatuhi hukuman oleh FA meski gelandang Manchester City itu sempat diduga melakukan diving pada pertandingan melawan Burnley.

Silva terjatuh di kotak penalti usai terlibat kontak dengan kiper Burnley, Nick Pope, di babak pertama pada laga di Etihad Stadium, Sabtu (21/10/2017). Wasit Roger East menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran dan memberikan hadiah penalti untuk City.

Penalti tersebut kemudian dikonversi menjadi gol oleh Sergio Aguero. City akhirnya menang 30 setelah mencetak dua gol tambahan lewat Nicolas Otamendi dan Leroy Sane.

Seusai pertandingan, manajer Burnley Sean Dyche mempertanyakan hadiah penalti untuk City. Dyche secara tersirat menuduh Silva telah melakukan diving.

“Kontaknya minimal dan untuk bisa jatuh seperti itu nyaris sebuah keahlian tersendiri. Jika saya menendang anak saya di taman, saya pikir dia tak akan jatuh seperti itu,” kata Dyche.

Akan tetapi, Silva membantah sudah berakting di lapangan. Pemain asal Portugal itu mengaku memang ada kontak antara dirinya dan Pope.

FA telah memeriksa tayangan ulang kejadian tersebut dan menilai Silva tak bersalah. Si pemain pun terbebas dari tuduhan diving.

“Pemain Manchester City Bernardo Silva tak akan menghadapi tindakan lebih lanjut untuk dugaan diving saat melawan Burnley pada 21/10/2017 setelah review panel FA,” tulis FA dalam pernyataannya.

Pada bulan Mei lalu, FA menerapkan aturan baru yang memungkinkan mereka untuk memakai tayangan ulang untuk menghukum pemainpemain yang melakukan diving dalam pertandingan. Pemain yang dianggap bersalah berpotensi dijatuhi larangan bertanding dua laga.