Denmark Siap Hadapi Laga Playoff Piala Dunia 2018, Peter Schmeichel: Sekarang Waktunya Eriksen Bersinar!

Denmark bersiap menjalani laga krusial playoff Piala Dunia 2018 Zona Eropa kontra Republik Irlandia. Leg pertama bakal dihelat dini hari nanti, sebagaimana Denmark akan bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Telia Parken.

Jelang laga ini, bintang Denmark, Christian Eriksen pun mendapat wejangan dari Peter Schmeichel, kiper legendaris Manchester United yang juga pernah membawa Negeri Skandinavia itu menjadi kampiun Piala Eropa 1992.

Menurut Schmeichel, sekarang lah saatnya gelandang serang Tottenham Hotspur itu memberikan kontribusi nyata bagi Denmark. Schmeichel berharap Eriksen bisa membuktikan kualitasnya di pentas internasional.

“Christian pemain yang brilian, ia telah membuktikannya di level klub. Ia adalah pilar penting Tottenham, tim yang sangat kuat di Premier League saat ini. Namun, ia belum membuktikan kualitasnya di level internasional,” sebut Schmeichel seperti dilansir Tribal Football.

“Christian mungkin sudah bermain sekira 75 kali untuk Denmark. Namun, ia tampil standar di sekira 60 laga. Ia seperti menghilang,” celoteh pria 53 tahun yang terkenal temperamental itu.

“Namun, ia sekarang di bawah arahan manajer yang berbeda (Age Hareide yang menangani Denmark sejak 2015), sistem yang berbeda. Dia sebelumnya bermain di posisi yang bukan posisi aslinya dan didikte untuk bermain dengan cara tertentu. Itu sangat sulit baginya,” kata Schmeichel.

“Namun, sekarang kondisinya berbeda. Christian sekarang lebih bebas dalam menjalani perannya. Dia bisa berekspresi dan memainkan permainan terbaiknya, terlebih dalam empat bulan terakhir. Saya hanya berharap ia membawa kami pada kemenangan dan tentunya lolos ke Piala Dunia,” tukasnya.

Putra Schmeichel sendiri, yakni kiper Leicester City, Kasper Schmeichel, kini juga menjadi andalan utama Denmark di bawah mistar gawang. Total Peter mencatatkan 129 caps bersama Tim Dinamit –julukan Denmark, sementara Kasper yang kini berusia 31 tahun, hingga detik ini baru mencatatkan 26 caps.