Chelsea Meraup Rp 6,9 Triliun dari Pemain yang “Ditendang”

Soal melego pemain yang sudah tak terpakai, Chelseaadalah jagonya. Klub raksasa London itu meraup banyak keuntungan dari hasil penjualan.

Nathan Ake menjadi pemain ternyar yang “ditendang” Chelsea. Bek asal Belanda itu dilepas ke AFC Bournemouth pada busra transfer musim panas 2017 dengan harga 20 juta pounds (Rp 346 miliar).

Sedikitnya jam terbang menjadi alasan Chelsea melepas Ake. Selama empat musim merumput di Stamord Bridge, sang pemain hanya diberi jatah tampil tujuh kali dalam Premier League alias kasta teratas Liga Inggris.

Dihitung dengan Ake, berarti Chelsea telah melepas total 29 personel selama tiga tahun terakhir atau sejak bursa transfer Januari 2014. Pemasukan yang mereka dapatkan pun mencapai angka 400,5 juta pounds atau sekitar Rp 6,9 triliun.

Mayoritas pemain-pemain tersebut dilego lantaran dianggap minim kontribusi buat tim. Bisa dikatakan mereka adalah barang yang sudah tak terpakai.

Penjualan paling jor-joran dilakukan Chelsea pada Januari 2017. Sebanyak delapan pemain mereka lepas dengan keuntungan sebesar 311, 7 juta pounds.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *