Berapa Karyawan yang Dibutuhkan untuk Menggerakkan Barcelona dan Real Madrid?

Sepakbola lebih dari sekadar urusan menendang bola. Ada banyak orang yang terlibat, memastikan sebuah tim bekerja dengan baik dan meraih sukses di lapangan.

Barcelona dan Real Madrid menjadi klub yang mendunia bukan semata-mata karena prestasi di lapangan saja. Ada banyak hal yang berjalan di belakang layar yang dikerjakan begitu banyak orang.

Mereka memang bukan pemain atau pelatih, tapi perannya tak bisa disepelekan. Bagi klub-klub top seperti Barcelona, Madrid, atau Atletico Madrid, penting memiliki para profesional terbaik yang cakap menangani administrasi, komunikasi, pemasaran, dan perawatan.

Maka jangan heran jika tim seperti Barcelona, Madrid, dan Atletico punya ratusan karyawan, bahkan berkali-kali lebih banyak ketimbang jumlah karyawan operator kompetisi, La Liga. Marca baru-baru ini mengungkap data jumlah karyawan di klub-klub Spanyol.

Barcelona ada di urutan teratas dalam hal ini, disusul Madrid dan Atletico. Peringkat empat dihuni Valencia, sementara La Liga sendiri hanya berada di posisi lima.

Daftar Jumlah Karyawan di Sepakbola Spanyol (10 Besar)

1. Barcelona: 477
2. Real Madrid: 379
3. Atletico Madrid: 371
4. Valencia: 200
5. La Liga: 129
6. Sevilla: 123
7. Villarreal: 97
8. Athletic Bilbao: 89
9. Malaga: 88
10. Alcorcon: 88

Related Post