Belum Saatnya Chamberlain Jadi Gelandang Tengah

Alex OxladeChamberlain mendambakan untuk bisa bermain sebagai gelandang tengah di Liverpool. Tapi hal itu belum akan didapatkan dalam waktu dekat.

Chamberlain memang termasuk salah satu pemain Arsenal yang begitu andal bermain di berbagai posisi. Karena itulah manajer Arsene Wenger begitu menyukainya.

Namun, karier Chamberlain yang di Arsenal sejak 2011 dianggap mandek karena Wenger selalu memainkannya sebagai gelandang sayap kanan atau bahkan wingback kanan beberapa kali musim lalu. Karena kemampuannya yang serbabisa itulah Chamberlain juga beberapa kali ditempatkan sebagai sayap kiri.

Hal itulah yang lantas membuat Chamberlain tak betah dan memutuskan menerima pinangan Liverpool musim panas lalu. Chamberlain berharap Juergen Klopp selaku manajer bisa memaksimalkan kemampuannya.

Apalagi Liverpool memang membutuhkan gelandang tengah dengan kekuatan fisik oke macam Chamberlain. Meski demikian, Klopp rupanya punya rencana lain dengan tidak dulu menempatkan Chamberlain sebagai gelandang tengah.

Dari beberapa penampilannya sejauh ini, Chamberlain lebih banyak dioperasikan sebagai pemain sayap seperti halnya saat menghadapi Manchester United akhir pekan kemarin.

“Tanpa latihan maka tidak mungkin bermain sebagai gelandang tengah,” ujar Klopp di Soccerway.

“Untuk saat ini dia hanya berlatih untuk posisi sayap dan itu sudah jelas. Jadi ketika dia mulai bermain sebagai gelandang tengah, maka dia tidak bisa bermain sebagai nomor delapan dulu tanpa latihan,” sambungnya.

“Ini tak bagus untuknya dan juga kami, ketika dia hanya berlatih untuk bermain di posisi sayap.”

“Untuk saat ini sudah jelas tapi saya tahu kalau ini untuk jangka panjang, bukan hanya untuk lima tahun ke depan,” pungkas Klopp.