Barcelona Tak Punya Pengganti Jika Pelatih Luis Enrique Hengkang

Demikian yang ditegaskan oleh presiden Josep Maria Bartomeu. Menurut sang presiden, satu-satunya opsi bagi klub Catalan adalah memperpanjang kontrak Enrique yang akan rampung pada akhir musim ini, 30 Juni 2017.
Memasuki tahun ketiga Luis Enrique di Barcelona, klub Catalan tampak kelelahan. Mereka sejauh ini tertinggal tiga poin dari Real Madrid di klasemen Liga Spanyol. Sesuatu yang tidak terbayangkan dalam dua tahun terakhir. Memang, penyebab krisis Barca ini tidak hanya satu. Pembelian pemain yang kurang tepat disinyalir jadi masalah utama.
Namun tidak sedikit pula yang menyebut, bisa jadi siklus Luis Enrique sudah mulai habis. Hal ini seperti yang terjadi pada masa Pep Guardiola. Dalam tiga tahun pertama, Pep membuat Barca menjadi raja Spanyol. Namun di tahun terakhirnya, Pep tak bisa menahan laju Real Madrid. Akhir cerita, Pep tidak memperpanjang kontrak, dan pergi meninggalkan klub Catalan.
Bukan tidak mungkin, Luis Enrique akan mengambil langkah serupa, bahkan lebih cepat, yaitu saat ini, ketika ia tiba di musim ketiga. Andai Enrique bertahan hingga tahun keempat, bisa jadi Barca akan bangkit. Tetapi, mungkin pula, justru kondisi lebih buruk daripada saat ini. Jika kemungkinan kedua yang terjadi, reputasi Lucho juga bakal ternoda; dan ia bisa kesulitan mencari klub di kemudian hari.

Luis Enrique sendiri, soal pergi atau tidaknya dia dari Barcelona, tak mau memberikan jawaban terang benderang. Ketika ditodong pertanyaan soal kontrak yang berakhir pada Juni 2017, Lucho hanya mengatakan, Saya lupa jawaban apa yang saya sampaikan soal itu sebelumnya pertanyaan berikutnya?
Jawaban yang lebih jelas datang dari Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Menurut orang nomor satu Barca ini, klub Catalan akan berusaha mempertahankan Enrique. Bagi Bartomeu, saat ini tidak ada rencana A atau calon pelatih pengganti. Enrique adalah pilihan satu-satunya.
Saya sudah sampaikan beberapa waktu lalu, pada bulan April, kami (petinggi dan pelatih) akan duduk bersama dan berbicara. Kami selama ini fokus pada pertandingan demi pertandingan, dan itulah hal terpenting bagi Barcelona.
Kami ingin segera merampungkan masalah ini, tapi kami ngin memberikan waktu karena fokus utama Barca adalah memenangi semua kompetisi. Tidak ada rencana B soal pelatih. Kami ingin Enrique memperbarui kontrak.

sports-kompas.com poker online terpercaya Sumber: Sidomi