Bangkit dari Ketertinggalan, Chelsea Tundukkan Watford 4-2

Chelsea harus bersusah payah untuk meraih kemenangan saat menjamu Watford. Sempat tertinggal 12, Chelsea akhirnya menang 42 atas tamunya itu.

Dalam pertandingan Premier League di Stamford Bridge, Sabtu (21/10/2017) malam WIB, Chelsea masih tak diperkuat oleh NGolo Kante yang cedera. Antonio Conte melakukan dua perubahan pada timnya dengan menurunkan Antonio Ruediger dan Pedro sejak menit pertama.

Pedro kemudian membuka keunggulan Chelsea lewat sebuah tendangan keras dari luar kotak penalti di menit ke12. Tapi keunggulan Chelsea buyar di masa injury time babak pertama setelah Abdoulaye Doucoure mencetak gol untuk Watford.

Di babak kedua, Watford yang tampil berani menyerang kemudian berbalik unggul lewat gol Roberto Pereyra. Tapi Chelsea tak menyerah begitu saja.

Michy Batshuayi yang masuk sebagai pemain pengganti sukses membawa Chelsea menyamakan skor lewat sebuah tandukan. Gol dari Cesar Azpilicueta kemudian membawa Chelsea kembali unggul. Di masa injury time, Batshuayi kembali bikin gol untuk memantapkan kemenangan Chelsea.

Kemenangan ini mengakhiri tren negatif Chelsea setelah sebelumnya kalah di dua laga terakhir di Premier League. The Blues kini naik ke peringkat empat dengan 16 poin, melewati Watford yang mengumpulkan 15 poin.

Jalannya Pertandingan

Permainan berjalan terbuka sejak awal. Meski bertindak sebagai tim tamu, Watford cukup berani keluar menyerang.

Chelsea lebih dulu mendapat peluang setelah Pedro mengangkat bola ke kotak penalti. Bola sempat mengenai Christian Kabasele, tapi Antonio Ruediger dan Alvaro Morata yang berada di depan gawang tak bisa menjangkaunya. Bola akhirnya diamankan oleh Heurelho Gomes.

Chelsea lantas membuka keunggulan di menit ke12. Pedro melepaskan tendangan spekulasi keras dari luar kotak penalti. Bola sempat membentur tiang tapi pada akhirnya masuk ke dalam gawang.

Sebuah serangan balik yang dilakukan Chelsea di menit ke17 menghasilkan peluang bagus untuk tuan rumah. Chelsea mengeksploitasi ruang di sisi kiri pertahanan Watfor dan Cesc Fabregas masuk ke kotak penalti setelah mendapat bola terobosan dari Morata.

Tapi Fabregas gagal menaklukkan Gomes. Gelandang asal Spanyol itu coba mengangkat bola, tapi Gomes masih bisa menjangkaunya. Gawang Watford pun selamat.

Tertinggal satu gol, Watford makin meningkatkan serangan. Tim tamu mendapat peluang bagus lewat tendangan bebas di depan kotak penalti Chelsea. Tendangan Tom Cleverley mampu melewati pagar betis pemain Chelsea, tapi bola masih bisa ditepis oleh Thibaut Courtois.

Sejak kebobolan, Watford terus menekan Chelsea. Meski demikian, Chelsea bukan tanpa peluang. Sebuah tembakan keras Fabregas dari luar kotak penalti memaksa Gomes melakukan penyelamatan.

Dari tendangan sudut yang tercipta, bola langsung diarahkan kepada David Luiz yang berdiri bebas di depan kotak penalti. Tapi tendangan Luiz masih jauh dari sasaran.

Di masa injury time, Watford menyamakan kedudukan. Chelsea gagal menghalau bola lemparan ke dalam yang dilakukan oleh Jose Holebas. Bola liar di kotak penalti langsung disambar oleh Abdoulaye Doucoure dan menaklukkan Courtois di tiang dekat. Tak lama kemudian, wasit mengakhiri laga babak pertama.

Memasuki babak kedua, Chelsea langsung mengambil inisiatif menyerang. Cesar Azpilicueta mengirim umpan silang ke depan gawang, tapi langsung dihalau oleh Adrian Mariappa.

Di menit ke49, Watford melewatkan sebuah peluang emas untuk membalikkan keadaan. Kiko Femenia mengirim umpan dari sisi kanan dan mengarah ke Richarlison yang berdiri bebas di depan gawang.

Tapi Richarlison justru gagal mengonversi peluang tersebut menjadi gol. Sudah menghadapi gawang yang terbuka, sepakan Richarlison justru melebar.

Namun Watford akhirnya benarbenar membalikkan keadaan tak lama kemudian. Kali ini Richarlison menebus kegagalannya mencetak gol dengan mengirim operan jitu kepada Roberto Pereyra yang ada di dalam kotak penalti. Setelah mengontrol bola, Pereyra kemudian menaklukkan Courtois.

Lima menit kemudian, Watford nyaris menambah keunggulannya. Umpan Pereyra dari sisi kanan ditanduk oleh Pereyra yang ada di dalam kotak penalti. Tapi sundulannya masih menyamping dari gawang.

Michy Batshuayi yang masuk menggantikan Morata di menit ke61 kembali unjuk gigi sebagai supersub. Di menit ke71, dia mencetak gol untuk membawa Chelsea menyamakan skor menjadi 22.

Gol ini berawal dari umpan silang Pedro dari sisi kanan. Batshuayi langsung menanduk bola dan tak bisa dijangkau oleh Gomes.

Batshuayi benarbenar menjadi ancaman untuk lini belakang Watford. Beberapa kali pemain Belgia itu membahayakan gawang tim tamu. Tapi tendangannya masih melebar dari sasaran.

Di menit ke87, upaya Chelsea untuk mencetak gol akhirnya membuahkan hasil. Umpan Willian dari sisi kanan disundul oleh Cesar Azpilicueta yang ada di depan gawang.

Di masa injury time, Chelsea menambah gol lagi lewat kaki Batshuayi. Usaha Miguel Britos untuk mengangkat bola dipotong oleh Bakayoko. Bola mengarah kepada Batshuayi yang ada di kotak penalti dan langsung mengangkatnya melewati Gomes.