Apa yang Berubah dari City? Ini Jawaban Guardiola

Pada musim kedua Pep Guardiola sebagai manajer, Manchester City belum terkalahkan dan sangat produktif mencetak gol. Guardiola punya jawaban ketika ditanya apa yang berubah dari timnya.

City sejauh ini sudah mencetak 29 gol dalam delapan pertandingan Premier League musim ini. The Citizens adalah tim pertama dalam sejarah Premier League yang bisa mencetak gol sebanyak itu dalam delapan laga pertama.

Jika ditarik ke belakang, tim lain yang punya pencapaian serupa adalah Everton pada musim 1894/1895. Dengan kata lain, City sejauh ini menjadi tim terproduktif di Inggris dalam 123 tahun jika ukurannya adalah delapan laga pertama di liga.

Selain soal golgol yang mengalir deras, City juga meraih hasil yang nyaris sempurna. Mereka menang tujuh kali dan baru sekali bermain seri pada musim ini. Puncak klasemen pun jadi milik mereka.

Kemenangan 72 atas Stoke City di Etihad Stadium, Sabtu (14/10/2017), merupakan bukti terbaru ketangguhan City. City sebelumnya juga telah mengalahkan dua tim rival dalam perebutan gelar dengan menghajar Liverpool 50 dan menang 10 di kandang Chelsea.

“Apa yang berubah sejak musim lalu? Kami saling mengenal satu sama lain dengan lebih baik, saya mengenal para pemain saya, saya mengenal Premier League dan bagaimana untuk menghancurkan lawan,” ungkap Guardiola seusai laga melawan Stoke.

“Kami tampil sangat baik. Musim lalu melawan Everton kami gagal menang meski mendapatkan dua penalti. Sekarang kepercayaan diri kami sangat tinggi dan semua orang yakin kami akan mencetak gol,” imbuhnya di situs resmi City.

“Mengalahkan Liverpool 50 penting untuk kepercayaan diri kami dan kami tahu kalau kami memenangi lagalaga di kandang ini, kami akan memimpin klasemen dan kami harus memulai dengan baik usai jeda internasional agar tetap di puncak,” kata Guardiola.

Kendati permainan timnya banyak dipuji, Guardiola menegaskan bahwa target utamanya tetap meraih gelar bersama City.

“Saya di sini untuk menang, bukan untuk hiburan. Saya ingin menang. Tapi, cara main yang kami inginkan adalah seperti hari ini,” katanya.