Agar Chelsea Tak Bernasib Sama Seperti Dua Musim Lalu

Chelsea akan berusaha mempertahankan titel juara Premier League pada musim depan. The Blues mesti belajar dari pengalaman buruk di musim 201516.

Chelsea berhasil menjuarai liga di 201415 saat masih dibesut Jose Mourinho. Namun, musim berikutnya bak bencana bagi Si Biru.

Eden Hazard dkk. terpuruk bahkan sempat mendekati zona degradasi sebelum akhirnya menyudahi di posisi 10. Performa tersebut membuat Mourinho kehilangan pekerjaannya di pertengahan musim.

Pada akhirnya, Chelsea pun bangkit di 201516. Di bawah asuhan Antonio Conte, Chelsea sekali lagi mendominasi Premier League untuk tampil sebagai juara dengan meyakinkan usai mengemas 93 poin, unggul tujuh poin dari Tottenham Hotspur di posisi kedua.

Pemain bertahan Chelsea Cesar Azpilicueta tak ingin insiden serupa terulang musim depan. “Kami harus belajar dari pengalaman ketika kami memenangi liga tiga tahun lalu, dan kemuian kami menjalani musim yang mengerikan,” kata dia di ESPN.

“Jadi kami tahu itulah apa yang harus kami perbaiki,” sambung bek asal Spanyol itu.

“Kami tahu bahwa menjadi juara, maka setiap tim akan ingin mengalahkan kami lebih besar lagi. Jai kami harus cukup tangguh untuk mencoba menjaga posisi kami.”

Chelsea akan menjalani musim kompetitif dengan berlaga di Community Shield melawan Arsenal pada pekan depan. Setelahnya, mereka akan membuka Premier League dengan menjamu Burnley, 12 Agustus.