5 Pemain yang Bisa Gantikan Ronaldo di Real Madrid, Nomor 2 Permata Timnas Spanyol

CRISTIANO Ronaldo tercatat sebagai top skor sepanjang masa Real Madrid. Dari 413 pertandingan di semua ajang membela Madrid, kapten Tim Nasional (Timnas) Portugal itu mengemas 404 gol!

Namun, Ronaldo tak bisa selalu diandalkan. Sebab, usia ayah tiga anak tersebut sudah menginjak 32 tahun. Jelas, Madrid membutuhkan figur yang nantinya dapat menggantikan posisi Ronaldo.

Lantas, siapa saja pemain tersebut? Berikut lima pemain yang bisa gantikan Ronaldo di Madrid:

5. Antoine Griezmann (Atletico Madrid)

Saat ini pelatih Madrid Zinedine Zidane mulai sering memainkan pola 4-3-1-2. Di lini depan, Ronaldo biasa ditemani Karim Benzema. Karena itu, posisi juru gedor Madrid nantinya bisa digantikan Griezmann.

Grizou –sapaan akrab Griezmann– tampil tajam bersama Atletico Madrid. Dari 170 penampilan di semua ajang, eks penyerang andalan Real Sociedad itu mengemas 86 gol. Bahkan di Piala Eropa 2016 ia keluar sebagai top skor turnamen dengan koleksi 6 gol.

4. Paulo Dybala (Juventus)

Sama seperti Ronaldo, Paulo Dybala bisa beroperasi di semua posisi di lini depan. Namun ketimbang bermain melebar, ketajaman Dybala lebih tereksploitasi jika diperankan dekat gawang, bisa sebagai penyerang maupun second striker.

Terbukti berperan sebagai second striker bersama Juventus musim ini, La Joya –julukan Dybala– tampil tajam. Dari 14 pertandingan di semua ajang, Dybala mengemas 13 gol. Semenjak membela Juventus pada 2015, Dybala turun di 108 pertandingan dengan catatan 55 gol.

3. Eden Hazard (Chelsea)

Secara permainan, Hazard dan Ronaldo serupa. Keduanya sering beroperasi sebagai winger kiri. Semenjak membela Chelsea pada 2012, Hazard turun di 259 pertandingan dengan raihan 74 gol.

Jika Hazard datang, mau tidak mau Zidane bakal kembali ke pola awal, yakni memaksimalkan 4-3-3. Bisa dibilang secara skill olah bola, Hazard setara dengan Ronaldo. Hanya kemampuan membobol gawang lawan yang wajib diasah Hazard jika ingin menyamai level Ronaldo.

2. Marco Asensio (Real Madrid)

Beberapa kali berduet bersama Ronaldo di lini depan dalam pola 4-3-1-2. Meski bermain bersama Ronaldo yang memiliki pengalaman panjang, Asensio tidak minder. Terbaru, ia mencetak satu gol saat Madrid mengalahkan Eibar 3-0 akhir pekan lalu.

Sekarang, tinggal bagaimana Zidane memberikan menit bermain yang cukup kepada pesepakbola berusia 21 tahun tersebut. Ketika Ronaldo seusia Asensio, ia sudah menjadi pemain reguler. Jika mendapat perlakuan yang sama, jangan heran melihat 4-5 tahun lagi Asensio sudah menyamai level Ronaldo saat ini.

1. Gareth Bale (Real Madrid)

Semenjak pertama kali didatangkan Madrid pada 2013, Bale memang digadang-gadang akan menggantikan posisi Ronaldo suatu hari nanti. Secara teknik, Bale dan Ronaldo tak berbeda jauh. Hanya kaki terkuat yang membedakan keduanya, plus Ronaldo memiliki konsistensi lebih baik ketimbang Bale.

Meski begitu, pengalaman empat musim satu tim bersama Ronaldo dinilai sudah cukup bagi Bale untuk menaikkan level permainannya. Jika tidak terganggu cedera, Bale selalu jadi andalan Zidane. Dengan begitu, Bale memiliki kesempatan besar menjadi pangeran Madrid, melanjutkan estafet dari Ronaldo.