4 Calon Pelatih Pengganti Emery di PSG

Kontrak Unai Emery bersama Paris Saint-Germain (PSG) akan habis akhir musim ini atau pada 30 Juni 2018. Akan tetapi, juru taktik berpaspor Spanyol itu kecil kemungkinan akan mendapat perpanjangan kontrak dari manajemen Les Parisiens –julukan PSG. Hal itu karena selama hampir dua musim menangani Edinson Cavani dan kawan-kawan, tak ada prestasi membanggakan yang diberikan Emery untuk publik Parc des Princes.

Pada musim pertamanya, Emery gagal membawa PSG menjuarai Liga Prancis setelah kalah bersaing dari AS Monaco. Sementara di Liga Champions, langkah PSG dihentikan Barcelona di 16 besar setelah takluk dengan agregat 5-6. Tersingkir di 16 besar merupakan yang pertama bagi PSG dalam empat musim terakhir. Sebelumnya dalam kurun 2013-2016, PSG selalu lolos hingga perempatfinal.

Bagaimana dengan musim ini? PSG berpeluang besar menjuarai Liga Prancis, namun kiprah mereka di Liga Champions sudah terhenti di 16 besar. Kylian Mbappe dan kawan-kawan disingkirkan Real Madrid dengan agregat 2-5. Pencapaian di atas disinyalir membuat geram Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi. Karena itu, taipan asal Qatar itu tak berencana memberikan kontrak baru kepada Emery.

Sekarang yang jadi pertanyaan, siapa pelatih PSG selanjutnya? Seperti diberitakan Le Parisien, Jumat (23/3/2018), ada empat calon kandidat pengganti Emery. Mereka ialah Carlo Ancelotti, Luis Enrique, Antonio Conte dan Jurgen Klopp.

Ancelotti dan Enrique saat ini sedang menganggur, sedangkan Conte menangani Chelsea dan Klopp membesut Liverpool. Don Carletto –sapaan akrab Ancelotti– jadi pelatih yang paling tahu kultur PSG. Hal itu karena juru taktik berpaspor Italia itu sempat menangani PSG pada awal 2011 hingga pertengahan 2013, atau dalam kurun satu setengah musim.

Prestasi terbaik Ancelotti ialah membawa PSG menjuarai Liga Prancis 2012-2013 dan mengantarkan Ibrahimovic serta kolega melaju hingga perempatfinal Liga Champions musim yang sama. Bisa dibilang Enrique dan Klopp hanya meramaikan persaingan. Sebab Enrique semakin dekat dengan Chelsea, sedangkan Klopp betah melatih Liverpool.

Karena itu, kandidat kuat lain ialah Conte. Mantan pelatih Juventus itu disinyalir takkan lagi melatih Chelsea musim depan. Sebab Conte beberapa kali terlibat friksi dengan manajemen perihal pembelian pemain. Sekarang tinggal menunggu siapa yang nantinya menangani PSG musim depan.

 

Related Post