3 Catatan Mourinho Setelah Manchester United Ditekuk Huddersfield

Jose Mourinho menyoroti tiga hal setelah Manchester United dikalahkan Huddersfield Town 1-2 dalam lanjutan Liga Inggris di John Smith’s Stadium, Sabtu malam, 21 Oktober 2017.

Dalam pertandingan itu, tim tuan rumah unggul berkat gol Aaron Mooy dan Laurent Depoitre. Sedangkan MU meraih satu gol lewat Marcus Rashford.

Berikut ini tiga hal yang ditekankan Mourinho setelah laga itu:

  • Jadwal Liga Champions jadi pembeda
    Mourinho menilai tim lawan diuntungkan karena tak tampil dalam Liga Champions, sehingga bisa bermain dalam kondisi lebih segar. “Kondisinya sama untuk semua orang, untuk mereka dan untuk kami. Satu-satunya hal yang berbeda adalah bahwa kami bermain dua hari lalu, mereka tidak. Tapi kami sudah mengetahuinya, itu adalah perbedaan kualitas, satu bermain di Liga Champions, yang lain tidak. Jadi, perbedaan kualitas dikompensasi oleh fakta bahwa satu tim bermain lebih banyak daripada yang lain. Itu sepak bola.”
  • Sikap pemainnya tak memuaskan
    Mourinho menilai kekalahan itu karena sikap pemainnya yang tak tepat dalam laga itu. “Jika saya pendukung Manchester United, bukan manajer, saya akan sangat kecewa. Anda bisa bermain dan kalah dalam pertandingan karena lawan Anda memiliki kualitas lebih. Tapi, mengecewakan bila Anda kalah karena lawan memiliki sikap lebih baik. Saya tak ingat pernah memainkan laga uji coba dengan sikap pemain seburuk ini. Ketika Anda kalah karena sikap pemain, itu sangat buruk.”
  • Kesalahan perorangan bukan penyebab
    Victor Lindelof dan Juan Mata sempat disebut-sebut sebagai biang kekalahan MU. kesalahan keduanya ikut berperan dalam terciptanya dua gol lawan. Tapi, Mourinho tak melihatnya demikian. “Tak fair menyebut kesalahan mereka sebagai penyebab kekalahan. Karena masalahnya dalam tim. Bila kami bermain bagus lalu kalah karena kesalahan individu, masuk akal menyalahkan pemain tersebut. Yang terjadi di sini adalah kesalahan yang menunggu terjadi. Itu adalah Mata dan Victor (yang membuat kesalahan), tapi akhirnya bisa siapa saja karena sikap tim begitu buruk.”

Karena kekalahan ini, Manchester United kini tertinggal 5 angka dari Manchester City dalam klasemen Liga Inggris.