3 Alasan MU Tak Perlu Reuni dengan Ronaldo

Cristiano Ronaldo dikabarkan bakal meninggalkan Real Madrid. Manchester United (MU) menjadi kandidat terkuat untuk menjadi klub baru pria asal Portugal tersebut.

Pemain berusia 32 tahun tersebut menyatakan sangat ingin meninggalkan Real Madrid musim panas ini. Ronaldo kecewa setelah dia dituduh melakukan kecurangan pajak hingga 14,5 juta euro oleh pihak berwenang Spanyol awal bulan ini.

Masalah tersebut membuat Ronaldo naik pitam. Mantan pemain Sporting CP itu ingin angkat kaki dari Santiago Bernabeu Stadium. Malahan, Ronaldo selalu dikabarkan bakal bergabung dengan MU.

MU bukanlah klub baru untuk ayah angkat dari Martunis tersebut. Ronaldo telah mencetak 406 gol hanya dalam 394 penampilan sejak bergabung dengan Real Madrid dari Manchester United pada 2009.

Namun, Setan Mera –sebutan MU– sepertinya tidak perlu bereuni dengan Ronaldo. Berikut tiga alasannya yang Liputan6.com kutip dari Four Four Two.

Harga Mahal

Ronaldo baru saja memperpanjang masa baktinya di Real Madrid hingga 2021. Hal ini membuat Los Blancos–sebutan Real Madrid–tidak berniat menjual ayah tiga anak tersebut.

Presiden Real Madrid, Florentino Perez, mengatakan pihak klub hanya bersedia melepas Ronaldo bila ada klub yang berani membayar hingga Rp 14 triliun. Harga ini lebih mahal dari skuat Real Madrid sendiri.

Menurut Transfermarkt, harga skuat 22 pemain tim besutan Zinedine Zidane mencapai 697,8 juta euro atau senilai dengan Rp 10,5 triliun.

Kualitas MU Kalah dari Real Madrid

Bila Ronaldo bergabung dengan MU, bisa dipastikan jumlah gol sang bintang bakal menurun drastis. Hal ini bisa dilihat dari kualitas pemain MU yang kalah telak dari skuat Real Madrid.

Pada Liga Inggris 2016/17, Wayne Rooney dan kawan-kawan hanya mampu menciptakan 447 peluang, sedangkan skuat Real Madrid mampu membuat 522 peluang di pentas La Liga pada musim yang sama.

Akurasi sepakan Ronaldo sendiri hampir sama dengan semua pemain MU. Persentase keberhasilan sepakan Ronaldo dengan skuat Setan Merah, yakni 48 persen.

Real Madrid mempunyai pemain berkualitas seperti Luka Modric, Toni Kroos, hingga Gareth Bale yang mampu memanjakan Ronaldo. Sedangkan MU hanya memiliki pemain yang bisa dikatakan kelas kedua, seperti Antonio Valencia hingga Luke Shaw.

Usia

Pada musim 2017/18, Ronaldo bukan seorang pemain muda lagi. Usianya pada saat itu 33 tahun. Bagi seorang pemain bola yang usianya sudah menginjak kepala tiga, dibutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak agar bisa bersaing di level tertinggi.

Dengan intensitas dan jadwal yang sangat padat di Liga Inggris, MU dinilai tak perlu merekrut Ronaldo lagi. Terlebih lagi, setiap tahunnya, Setan Merah memainkan pertandingan lebih banyak dari Real Madrid.

Musim depan, MU tampil di empat ajang, yakni Liga Inggris, Piala Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions. Sedangkan Real Madrid hanya mengikuti tiga kompetisi, yakni La Liga, Copa Del Rey, dan Liga Champions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *