Hadapi Brighton, Bisakah Chelsea Setop Performa Negatif?

Chelsea sedang mengalami tren buruk di lima laga terakhir. Bisakah laju negatif itu dihentikan saat menghadapi Brighton & Hove Albion?

Chelsea masih tertahan di peringkat empat dengan raihan 47 poin dari 23 laga, sama dengan Liverpool yang unggul jumlah gol di peringkat tiga. Tim besutan Antonio Conte tersebut sementara tertinggal 15 poin dari Manchester City di puncak klasemen.

Hasil itu tak lepas dari laju buruk Chelsea di 2018. Sejak membungkam Stoke City 5-0 di Stamford Bridge, (30/12/2017), Chelsea belum lagi menang.

Berturut-turut setelahnya, The Blues ditahan 2-2 oleh Arsenal (1/4), 0-0 vs Norwich (1/7), 0-0 vs Arsenal lagi (1/11), 0-0 vs Leicester City (1/13), dan baru menang atas Norwich City di Piala FA (1/18)–itu pun lewat adu penalti usai bermain imbang 1-1 selama 90 menit.

Kans Chelsea mengakhiri tren negatif itu terbuka lebar saat menghadapi Brighton & Hove Albion di Amex Stadium, Sabtu (20/1/2018), dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-24.

Bukan tanpa alasan Chelsea berpeluang menang. Dilansir BBC, tim tamu selalu menang di tujuh pertemuan terakhir, di mana Brighton bahkan tidak mampu menjebol gawang Chelsea di enam laga. Pada pertemuan terakhir, (26/12/2017), Chelsea menang 2-0 di Stamford Bridge berkat gol Alvaro Morata dan Marcos Alonso.

Selain itu Chelsea punya catatan yang cukup bagus saat menghadapi tim promosi, dengan statusnya sebagai juara bertahan. Dari 27 pertemuan, Chelsea meraih 21 kemenangan dan 5 kali kalah atas tim promosi.

Rekor Brighton dari tim papan atas juga mendukung Chelsea menang. Musim ini, Brighton belum pernah menang saat menghadapi tim enam (City, MU, Liverpool, Chelsea, Tottenham Hotspur, dan Arsenal)

Namun patut diingat, Brighton lumayan tangguh di kandang. 11 kali bermain di Amex Stadium musim ini, The Seagulls meraih tiga kemenangan, enam kali hasil imbang, dan dua kali kalah.

Selain itu, Chelsea menghadapi Brighton tanpa sejumlah pilar. Morata dan Pedro Rodriguez mendapat hukuman kartu merah saat mengalahkan Norwich, sementara Gary Cahill, Cesc Fabregas, dan Ross Barkley juga masih diragukan kondisinya.

Menilik statistik di atas, tentu Chelsea masih berpeluang menang atas Brighton. Bisa melakukannya, Blues?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *