Liverpool Vs Manchester City, Pembuktian Virgil van Dijk

Laga Liverpool vs Manchester City pada Ahad, 14 Januari 2018, tampaknya akan menjadi laga perdana bek Virgil van Dijk berseragam The Kop dalam Liga Inggris. Beban berat berada di pundak pesepak bola asal Belanda itu karena menyandang gelar bek termahal di dunia.

Keberadaan Van Dijk tentu akan menjadi sorotan. Pasalnya, terlepas dari kartu merah Sadio Mane, pada pertemuan pertama lini belakang Liverpool tampak berantakan. Mereka pun tumbang 5-0 pada laga itu. Duet Joel Matip dan Ragnar Klavan tak mampu meladeni lini serang Manchester City yang dikomandoi oleh Kevin de Bruyne.

Eks penyerang Arsenal, Thierry Henry, menilai lini belakang Liverpool tak memiliki pemimpin yang bisa membuat rekan-rekannya bermain lebih baik. Karena itu, menurut dia, Van Dijk tak hanya harus bermain baik, tapi juga membuat rekan-rekannya yang lain bermain lebih baik.

“Saya kira Van Dijk akan memberikan sesuatu, bukan akan, tapi dia harus, dia harus memberikan sesuatu. Karena itulah Liverpool membelinya. Mereka tak membelinya karena sesuatu yang bisa dia lakukan sebagai pesepak bola, tapi apa yang bisa dia bawa sebagai pemimpin,” katanya.

Liverpool memboyong Virgil van Dijk dengan banderol 75 juta pound sterling dari Southampton pada bursa transfer Januari ini. Harga itu membuat dia menjadi pemain belakang termahal, memecahkan rekor pembelian bek Benjamin Mendy oleh Manchester City dari AS Monaco pada bursa transfer awal musim lalu.

Van Dijk sebenarnya sudah menjalani laga debut bersama Liverpool saat mereka menghadapi Everton dalam ajang Piala FA, 5 Januari lalu. Dia bahkan menyumbangkan 1 gol dalam laga yang berkesudahan 2-1 untuk Liverpool itu.

Laga Liverpool melawan Manchester City sendiri akan berlangsung pada Ahad, 14 Januari, dan disiarkan langsung oleh beIN Sports 1 pada pukul 23.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *