Saran buat Liverpool dalam Belanjakan Uang Penjualan Coutinho

Liverpool baru dapat uang banyak hasil penjualan Philippe Coutinho. Ada sejumlah saran mengenai cara Liverpool harus membelanjakan uang tersebut.

Coutinho menuntaskan kepindahannya ke Barcelona pada hari Senin (8/1/2018), dengan menandatangani kontrak berdurasi 5,5 tahun d Camp Nou setelah berbulan-bulan spekulasi.

Barcelona harus menebus pemain internasional Brasil tersebut dengan biaya transfer yang kabarnya mencapai 146 juta pound sterling (sekitar Rp 2,66 triliun).

Terkait hal itu Sky Sports menggelar diskusi panel, The Debate, mengenai investasi seperti apa yang seharusnya dilakukan Liverpool dalam membelanjakan uang hasil penjualan Coutinho.

Danny Murphy, mantan pemain The Reds, menegaskan pentingnya untuk merekrut kiper untuk jadi pengganti Simon Mignolet dan Loris Karius. Ia juga menyarankan Liverpool mendekati Alexis Sanchez, yang kontraknya dengan Arsenal habis di musim panas.

“Apa Liverpool hendak menjuarai liga? Atau ingin tumbuh dengan perlahan tapi pasti untuk menjadi klub yang konsisten ada di empat besar? Saya tak tahu jawabannya, tapi harus ada pemain berkualitas yang jadi tulang punggung; ada satu yang bisa diincar,” kata Murphy.

“Saya tak tahu apa ia bersedia datang, karena saya tak memiliki bocoran internal, tapi jika Anda punya uang sebanyak itu dan tak mau menghamburkan uang pada pemain-pemain 50, 60, atau 70 juta pound sterling, langsung saja dekati dan berikan apa yang diinginkan Sanchez seraya bilang, ‘Datanglah dan jadi pemimpin kami,” tuturnya.

Murphy juga menambahkan bahwa Liverpool pun bisa memburu seorang gelandang tengah. Namun, Henry Winter yang merupakan jurnalis top dari The Times tidak sepakat. Ia menduga sektor itu sudah jadi milik Alex Oxlade-Chamberlain.

“Ketika Oxlade-Chamberlain bergabung, saya menduga-duga apa Klopp melihatnya sebagai gelandang tengah. Klopp sudah mengatakan ia bisa main di sana dan saya pikir ia memang mampu,” kata Winter.

“Ia punya energi itu dan walaupun ia tak berada di level (Steven) Gerrard atau (Graeme) Souness, kita sudah melihat perkembangannya di bawah arahan Klopp, dan saya melihat peluangnya memainkan peran gelandang tengah sehingga mereka tak mutlak harus membelanjakan uang pada posisi tersebut,” ujarnya.

Sementara itu Christian Purslow, mantan managing director Liverpool, secara sederhana menyebut satu nama yang dinilainya akan jadi solusi pasti dalam usaha Si Merah mengejar gelar juara.

“Beli saja Marco Verratti dari PSG,” kata Purslow, yang menegaskan pentingnya Liverpool merekrut pemain-pemain yang mampu membantu mereka menjuarai liga.

“Siapa juara liga dua musim terakhir? Leicester dan Chelsea. Apa kesamaan dari figur penguasa dalam permainan mereka? N’Golo Kante. Apa pemain sepertinya akan bisa membuat Liverpool jadi lebih baik? Pasti. Ia pemain kelas dunia, jadi saya pikir Liverpool harus membidik lebih tinggi lagi.”

“Tak cuma pemain bagus, melainkan pemain luar biasa karena yang baru mereka jual pun pemain luar biasa. Sekadar ‘pemain bagus’ cuma akan menempatkan mereka di posisi keempat, kelima, keenam,” ucapnya.

Ada pula pembahasan lebih lanjut mengenai sosok kiper yang sekiranya bisa dibidik Liverpool. Salah satunya muncul nama Jan Oblak dari Atletico Madrid, walaupun Winter menegaskan bahwa kiper-kiper top tidaklah mudah direkrut.

“Oblak adalah kiper luar biasa. Jika Anda melihat kiper-kiper top saat ini, mereka terlihat nyaman di klubnya masing-masing sehingga ini tidak akan mudah. Mungkin ada satu atau dua kiper muda yang sedang dilirik oleh Klopp,” kata Winter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *