Pembukaan Piala Presiden di Gelora Bandung Lautan Api

Penyelenggaraan Piala Presiden 2018 dijadwalkan kick off pada 16 Januari mendatang. Rencananya, Gelora Bandung Lautan Api akan menjadi venue pembukaan.

Lima venue menguat untuk menggelar Piala Presiden 2018. Selain Bandung, Stadion Kanjuruhan (Malang), Stadion Batakan (Balikpapan), Stadion Dipta (Bali), dan Gelora Delta Sidoarjo bakal menghelat ajang pramusim tersebut.

Bahkan, Ketua panpel Persib, Budi Bram Rachmad membenarkan pihaknya sudah dikontak PT Liga Indonesia Baru (LIB). “Seminggu ke depan akan kami persiapkan lebih lanjut,” ujarnya.

Piala Presiden sudah berlangsung pada dua edisi, tahun lalu pembukaan berlangsung di Stadion Maguwoharjo dengan PSS Sleman sebagai tuan rumah.

Pada edisi pertama berlangsung di Stadion Dipta Bali. Pada kedua edisi tersebut, Presiden Joko Widodo langsung membuka turnamen.

Penggunaan Stadion Batakan menguat lantaran PSM Makassar sebelumnya memutuskan enggan menjadi tuan rumah.

Alhasil, Stadion Batakan yang baru digunakan 2017 lalu dianggap menjadi venue representatif. Di sisi lain, manajemen Arema FC membenarkan adanya surat edaran terkait penunjukkan tuan rumah.

“Prinsipnya yang kami daftarkan tetap Stadion Kanjuruhan, karena sekarang juga tahap akhir renovasi,” ujar Sudarmadji, media officer Arema FC.

Keputusan tersebut diambil lantaran Arema FC juga berniat mempertahankan gelar mereka tahun lalu. Saat itu, Arema menang di babak final atas Borneo FC dengan skor mencolok 5-1.

Sebagaimana diketahui, dalam masa persiapan ini Arema kerap menggunakan Stadion Gajayana sebagai venue pertandingan, termasuk uji coba melawan PSIS Semarang pekan lalu.

Terpisah, Suyanto pengelola Gelora Delta Sidoarjo mengakui bahwa lapangan sudah siap digunakan.

Sebelumnya Gelora Delta direncanakan untuk pembukaan Piala Presidendengan Persebaya Surabaya sebagai tuan rumah.

Namun, perkembangan terakhir pembukaan merujuk di Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, dengan Persib sebagai tuan rumah.

”Hingga saat ini belum ada pihak Paspampres yang meninjau, biasanya jika akan ada pengamanan RI 1 seminggu sebelum sudah ke lapangan,” tambahnya.

”Sebelumnya Danrem sudah datang, Kapolda juga sudah meninjau kesini. Pihak kepolisian pun sudah mengadakan rapat terlebih dahulu,” terang Suyanto terkait pihak keamanan yang telah berkonsolidasi untuk rencana pelaksanaan Piala Presiden di Sidoarjo.

Hingga Senin, Suyanto belum mendapatkan tembusan apapun terkait rencana gelaran Piala Presiden di wilayahnya.

”Jika kepastian tentang venue Piala Presiden keluar lebih cepat, saya kira akan lebih baik untuk kita semua,” harap Suyanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *