Begini Kekayaan Faiq Bolkiah, Pesepakbola Terkaya di Dunia

Bukan Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo, tetapi Faiq Bolkiah, yang layak menyandang gelar sebagai pesepakbola terkaya di dunia. Faiq merupakan keponakan dari Sultan Brunei Hassanal Bolkiah.

Nama Faiq mencuat dalam dua hari belakangan setelah dia disebut bergabung bersama klub Inggris, Leicester City. Ini bukan pertama kalinya dia bermain untuk klub Inggris.

Faiq telah berkelana di negeri Ratu Elizabeth sejak sekitar 9 tahun lalu. Memulai petualangannya bersama AFC Newbury, dia pun hengkang ke Southampton pada 2009.

Empat tahun bersama Soton, pesepakbola berusia 19 tahun itu lantas hijrah ke Arsenal. Selama semusim di Arsenal dia sempat bermain pada ajang Lion City Cup.

Pada 2014, Faiq hengkang ke tetangga Arsenal, Chelsea. Dua tahun berselang dia pun hengkang ke Leicester City yang baru saja menjuarai Liga Inggris.

Soal gelar pemain termahal di dunia yang disandang Faiq memang bukan main-main. Dia merupakan anak dari Jefri Bolkiah, saudara kandang Hasanah Bolkiah yang merupakan Kepala Agensi Investasi Brunei.

Jefri disebut telah menghabiskan dana sebesar 10 miliar pound sterling atau sebesar Rp 182,48 triliun untuk berinvestasi dalam 15 tahun terakhir. Dia juga disebut pernah menghabiskan dana sebesar 35 juta pound sterling (Rp 638,7 miliar) dalam waktu sebulan untuk membeli mobil, jam tangan pena yang terbuat dari emas putih.

Ayah Faiq itu juga disebut memiliki koleksi mobil yang jumlahnya mencapai 2.300 buah, termasuk merek-merek mewah seperti Rolls-Royce, Bentley dan Ferrari. Tak hanya mobil, Jefri disebut memiliki pesawat pribadi Boeing 747.

Dia juga merupakan orang yang pernah mengundang Raja Pop dunia, Michael Jackson, untuk mengadakan konser pribadi di Brunei dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Untuk konser itu, Jefri bahkan membangun sebuah stadion baru di Brunei. Total anggaran yang dia habiskan saat itu 12,5 juta pound sterling atau sekitar Rp 228 miliar.

Soal bisnis, Jefri memiliki banyak hotel di seluruh dunia. Dia disebut memiliki Hotel Plaza Athenee di Paris, Prancis; Hotel Bel-Air di Los Angeles dan New York Palace Hotel di Amerika Serikat. Dia juga disebut sebagai pemilik perusahaan perancang perhiasan mewah Asprey dan pabrik pembuat yacht bernama Tits.

Dengan kekayaan sang ayah, Faiq Bolkiah lantas mendapat julukan sebagai pemain terkaya di dunia. Layakkah dia menyandang gelar tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *